Citizen Reporter

Tamyiz Cara Menyenangkan Menghafal Al Quran ala Muhammadiyah Boarding School Jombang

bukan sekadar tetabuhan gendang, ada juga gerakan hingga kemasan drama dalam metode menghafal Quran ala santri MBS Jombang ini ...

Tamyiz Cara Menyenangkan Menghafal Al Quran ala Muhammadiyah Boarding School Jombang
dokumentasi MBS Jombang
Saat santri MBS Jombang beraksi dalam hafalan Quran 

Reportase Nadiyah Nadaa Nisrina
Santriwati Kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School Jombang

 

TAMYIZ, metode mudah untuk menerjemahkan Al Quran yang berasal dari kota khas mangga, Indramayu, Jawa Tengah. Metode ini diciptakan oleh Abaza dan sempat booming di kalangan pelajar dan santri.

Selain mudah, asyik, dan menyenangkan, metode tamyiz ini cocok digunakan untuk siapa saja, cocok untuk segala usia, baik yang muda bahkan untuk yang lanjut usia.

Seperti yang terlihat di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jombang, menjadikan metode tamyiz ini sebagai salah satu mata pelajaran keagamaan.

 Sama seperti metode tamyiz lainnya, tamyiz yang diterapkan di MBS Jombang ini berisi berbagai huruf, isim, dan fi’il yang dilagukan, dinyanyikan bersama-sama sambil diiringi tabuhan gendang.

Seiring berjalannya waktu, tamyiz ala MBS Jombang ini pun semakin bervariasi, menggunakan gaya baru yang tak kalah seru dengan tamyiz aslinya. Jika tamyiz sebelumnya hanya terdiri dari nyanyian dan tabuhan gendang, tamyiz yang sekarang lebih modern menggunakan perpaduan metode coral speaking.

Jadi, tidak hanya bernyanyi, tapi juga disertai gerakan yang seirama dan dikemas dalam model drama yang menghibur. Jadi para santri juga bisa belajar tamyiz sambil berdrama. Tak heran bila tamyiz di MBS Jombang ini semakin berkembang. Memberi banyak dampak positif bagi para santri dan pondok tersebut.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help