Surya/

Berita Lamongan

Kejar dan Bunuh Musuh, TNI Kodim 0812 Libatkan Ratusan Petani Lamongan

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0812 Lamongan, Jawa Timur, melibatkan para petani untuk melawan dan membunuh musuh.

Kejar dan Bunuh Musuh, TNI Kodim 0812 Libatkan Ratusan Petani Lamongan
SURYA Online/Hanif Manshuri
Anggota TNI AD bersama petani saat memburu dan membunuh hama tikus, Sabtu (6/1/2018) 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0812 Lamongan, Jawa Timur, melibatkan para petani untuk melawan dan membunuh musuh.

Bahkan gerakan yang dipimpin oleh sejumlah anggota TNI Kodim 0812 ini sudah kerap dilakukan. Tapi jangan salah sangka dulu, musuh yang diburu dan dibunuh itu adalah musuh petani, yakni hama tikus.

Nah, sebagai upaya menekan populasi hama tikus sawah, para Babinsa TNI AD, petani, serta warga melakukan pembasmian massal memburu hama tikus.

Kegiatan ini sebagawai wujud kepedulian bersama akan ketahanan pangan di Kabupaten Lamongan, khususnya di Desa Kalitengah Kecamatan Kalitengah terealisasi.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberi bekal dan strategi membunuh musuh,yakni tikus. Sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan alat Tiran 75 SP yang diberi dari dinas terkait. Perang berburu hama tikus tersebut dalam upaya untuk mengurangi serangan sejumlah hama padi.

"Serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, dan terjadi saat-saat beberapa hari menjelang panen,” ungkapnya Danramil Kalitengah Kapten Kav Parman, Sabtu (6/1/2018).

Apa yang dilalukan TNI bersama petani ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani. Selain dengan membunuh hama dengan bahan kimia.

“Yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan,” katanya.

Parman menambahkan, bahwa keterlibatan TNI-AD dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Ini juga merupakan n bentuk pendampingan terhadap petani
Sebagai tindak lanjut MoU TNI dengan Kementerian Pertanian, dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help