Berita Gresik

Tim Pengabdi UMG Tingkatkan Kompetensi Guru di Kepulauan Bawean Gresik lewat Program ini

Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menerjunkan tim pengabdi ke sekolah - sekolah di Pulau Bawean Kebupaten Gresik.

Tim Pengabdi UMG Tingkatkan Kompetensi Guru di Kepulauan Bawean Gresik lewat Program ini
surya/sugiyono
LESSON STUDY - Tim pengabdi UMG mempraktikkan program lesson study di sekolah kepulauan Bawean, Jumat (5/1/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menerjunkan tim pengabdi ke sekolah - sekolah di Pulau Bawean Kebupaten Gresik.

Kegiatan dikemas dalam praktik lesson study (LS) itu bertujuan meningkatkan kompetensi guru. 

Lesson study merupakan sebuah strategi meningatkan kompetensi guru di bidang pedagogic berasal dari Jepang.

LS merupakan kegiatan belajar secara kelompok oleh tim guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Alasan menerapkan lesson study karena strategi belajar mengajar ini sudah dibuktikan sebelumnya dalam sebuah penelitian sangat efektif. Dan sudah digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru di daerah terpencil. Sehingga kita praktikkan di Pulau Bawean," tutur Nur Fauziyah, M.Pd, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMG, Jumat (5/1/2018).

Menurut Nur Fauziyah kegiatan LS ini dimulai dari kegiatan plan (Perencanaan), kegiatan yang dilakukan untuk merancang perangkat pembelajaran.

Dalam kegiatan ini secara langsung didampingi oleh tim pengabdi. Setelah kegiatan plan adalah kegiatan do (Praktikum), yang merupakan implementasi perangkat pembelajaran langsung di kelas.

"Satu guru sebagai guru model dan guru lainnya sebagai observer yang mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Setelah pelaksanaan do, dilakukan evaluasi, yang merupakan kegiatan diskusi hasil temuan-temuan selama proses pembelajaran. Hal ini dilakukan terus menerus sehingga kegiatan belajar mengajar dapat maksimal," imbuhnya.

Hal yang sama juga katakan tim pengabdi UMG Dr. Sri Uchtiawati, M.Si, bahwa kegiatan LS ini berbeda dengan kegiatan pelatihan dalam upaya peningkatan kualitas guru.

Jika kegiatan pelatihan telah selesai dilakukan, jarang sekali guru yang menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas.

"Sedangkan kegiatan lesson study ini adalah kegiatan yang tidak hanya sebagai sebuah upaya melatih guru sebatas wawasan atau pengetahuan tetapi melatih guru secara langsung, bagaimana upaya peningkatan pembelajaran di kelas secara berkesinambungan," katanya.

Diharapkan dalam kegiatan pengabdian ini tercipta pemahanan guru dalam mengelola kelas yang baik dan efektif, konsep dan prinsip dalam lesson study for learning community.

"Lainnya yaitu ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran dan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa atau student learning center, keterampilan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa dan ketrampilan guru dalam menyusun alat evaluasi pembelajaran," kata Slamet Asari, M.Pd, dekan FKIP UMG yang juga tim pengabdi.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help