Surya/

Bisnis

Pegadaian Siapkan Jaringan Agen Untuk Targetkan Jumlah Nasabah Naik 8 Persen

PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, membidik pertumbuhan penyaluran kredit dan nasabah tahun 2018 mencapai 17 persen dan 8 persen.

Pegadaian Siapkan Jaringan Agen Untuk Targetkan Jumlah Nasabah Naik 8 Persen
surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Direktur Pembina Kanwil XII Surabaya, Harianto Widodo memukul Gong sebagai tanda dimulainya rapat kerja Pegadaian di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (4/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) XII Surabaya, membidik pertumbuhan penyaluran kredit dan nasabah di tahun 2018 bisa mencapai 17 persen dan 8 persen.

Perseroan optimis target akan tercapai dengan adanya pengembangan layanan melalui agen-agen Pegadaian yang rencananya sudah mulai beroperasi di akhir Maret 2018 mendatang. 

Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya yang baru sehari menjabat, Hermawan Aries Andi mengatakan, pihaknya melihat potensi yang besar yang bisa dijaring melalui agen Pegadaian.

"Saat ini era sudah milenial. Semua orang sudah pakai smartphone. Pegadaian tidak mau kalah, kami siapkan fitur layanan baru yang memanfaatkan teknologi smartphone ini dengan menggandeng mitra dan agen dari kalangan masyarakat," jelas Hermawan disela kegiatan rapat kerja (Raker) Pegadaian Kanwil XII yang dibuka Harianto Widodo, Direktur Produk PT Pegadaian (Persero) di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (4/1/2018).

Langkah itu mengikuti program yang telah disiapkan oleh kantor pusat. Alim Setiono, General Manager Jaringan Operasional PT Pegadaian Persero, yang sebelumnya juga menjabat sebagai pemimpin Kanwil XII, menambahkan, keberadaan agen Pegadaian ini, diharapkan bisa meningkatkan layanan yang tidak lagi harus ke outlet.

"Trend layanan non outlet dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kami siapkan lewat agen ini. Perorangan bisa menjadi agen Pegadaian yang melayani pembayaran angsuran gadai, perpanjangan gadai, tabungan emas dan lainnya," jelas Alim.

Dengan penambahan jaringan agen ini, Kanwil XII ditarget mengalami peningkatan jumlah nasabah sebanyak 8 persen. Hingga akhir tahun 2017, jumlah nasabah mencapai 1,117 juta orang. Ditargetkan di tahun 2018 bisa meningkat hingga 1,418 juta orang.

Sedangkan nilai dana yang disalurkan untuk kredit gadai atau Out Standing Loan (OSL) mencapai Rp 4,064 triliun. Jumlah itu sekitar 91,99 persen dari target tahun 2017 yang mencapai Rp 4,416 triliun.

"Meski tidak 100 persen mencapai target, laba kami bisa mencapai 106,94 persen dari target. Yaitu Rp 525,477 miliar, sementara targetnya Rp 491,375 miliar," jelas Hermawan.

Tahun 2018, target OSL Kanwil XII mengalami meningkatkan mencapai Rp 4,879 triliun. Dengan produk utama pembiayaan masih gadai emas perhiasan. Mencapai 89 persen dan sisanya non gadai, seperti tabungan emas, kredit dengan agunan selain emas dan lainnya.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help