Berita Sidoarjo

Dewan Larang SMP Negeri di Sidoarjo Tarik Biaya Bimbel di Sekolah, jika Tetap Ada Kategori ini

Komisi D DPRD Sidoarjo melarang adanya pungutan biaya atas bimbingan belajar (bimbel) yang dilaksanakan di sekolah, Kamis (4/1/2018).

Dewan Larang SMP Negeri di Sidoarjo Tarik Biaya Bimbel di Sekolah, jika Tetap Ada Kategori ini
surya/irwan syairwan
Suasana hearing di DPRD Sidoarjo terkait larangan iuran bimbel di sekolah. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Komisi D DPRD Sidoarjo melarang adanya pungutan biaya atas bimbingan belajar (bimbel) yang dilaksanakan di sekolah, Kamis (4/1/2018).

Larangan ini ditetapkan pada hearing Komisi D dengan seluruh kepala sekolah (kasek) SMPN di Sidoarjo menyusul adanya laporan salah satu wali murid yang masuk ke Ombudsman dan mengeluhkan ditarik biaya bimbel di sebuah SMPN.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Usman, mengatakan tarikan biaya pada program bimbel di sekolah bisa dikategorikan sebagai pungutan liar (pungli).

"Berdasarkan Perda No 7/2017, semua biaya pendidikan gratis. Bimbel termasuk di antaranya, jadi tidak boleh ditarik biaya," kata Usman usai hearing.

Politisi PKB ini menuturkan ada wali murid di sebuah SMPN di kawasan Magersari yang mengirim surat ke Ombudsman dan mengeluh ditarik biaya bimbel oleh sekolah tersebut.

Program bimbel di sekolah itu merupakan kesepakatan komite sekolah dan ditarik biaya.

Usman menyatakan agar tak menimbulkan polemik lebih lanjut, pihaknya sepakat untuk melarang segala macam bentuk tarikan uang ke wali murid.

"Jika tetap ada tarikan untuk bimbel, bakal ada ancaman tindak pidana ringan (tipiring) kepada sekolah yang bersangkutan," sambungnya.

Hearing ini menghasilkan tiga keputusan, yaitu larangan pungutan bimbel, larangan pengadaan komputer, dan larangan tarikan biaya untuk study tour.

Terkait pengadaan komputer, Usman mengaku mendapat laporan wali murid yang mengeluh adanya permintaan sejumlah uang untuk membeli beberapa unit komputer dan juga laptop.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help