Surya/

Berita Surabaya

Anda Hobi Merajut? Coba Buat Boneka seperti Ini, sedang Booming di Pasaran

Anda yang hobi merajut, tak ada salahnya mencoba membuat bentuk boneka. Pasalnya produk rajut bentuk ini, sedang booming di pasaran.

Anda Hobi Merajut? Coba Buat Boneka seperti Ini, sedang Booming di Pasaran
surya/pipit maulidiya
Hand made rajut dalam bentuk boneka ini lagi booming di pasaran. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Anda yang hobi merajut, tak ada salahnya mencoba membuat bentuk boneka. Pasalnya produk rajut bentuk ini, sedang booming di pasaran.

Sari Satriani, pemilik usaha @sarirajut di Surabaya mengakui hal  itu.

Perempuan 29 tahun ini mengungkapkan, produk rajut memang tidak terbatas pada syal, topi, pakaian, dan bros.

Tetapi hobi rajut  bisa juga diwujudkan boneka dengan berbagai bentuk.

"Makin tahun memang makin booming, orang sekarang kan suka merayakan sesuatu jadi boneka rajut ini biasanya dibeli untuk hadiah. Ulang tahun, wedding, anniversery, apalagi kan bisa custom," kata Sari saat Surya.co.id berkunjung ke rumahnya, Kamis (4/1/2018).

Di Surabaya, pembuat boneka rajut tidaklah banyak, mengingat pengerjaannya juga butuh ketelatenan. Sekalipun bagi meraka yang sudah biasa merajut.

"Polanya memang sedikit rumit, berbeda dengan saat membuat produk rajut lainnya. Lebih rengket atau rapat. Dulu sampai bisa membuat boneka rajut karena melihat tutorial di buku dan di YouYube," paparnya.

Produk boneka rajut menurut Sari dijual beragam. Untuk ukuran mini (gantungan hp) Rp 15 ribu, hingga boneka ukuran 32 sentimeter dan lebar 15 sentimeter dibanderol Rp 200 ribu.

"Harga kami patok tergantung tingkat kesulitan boneka dan seberapa banyak bahan yang digunakan," tambahnya.

Untuk membuat boneka rajut, sejujurnya tidak memerlukan bahan tambahan alias bahan yang digunakan sama dengan rajut biasa.

Namun, ada beberapa printilan yang bisa ditambahkan sebagai hiasan. Seperti penggunaan dakron untuk isi boneka, mata khusus boneka, kain flanel, aplikasi pita, dan gantungan kunci.

Sedang  benang yang digunakan sebagai bahan boneka rajut, dianjurkan memakai benang soft katun karena lebih comfortable.

"Selain unik, lucu, dan hand made, pembeli juga tidak perlu khawatir cara merawatnya. Jika kotor cukup cuci dengan sabun detergen menggunakan tangan (jangan mesin cuci). Benang yang kami pilih juga tidak luntur, jadi aman. Sedang menjemurnya cukup di letakkan tidak usah digantung supaya tidak renggang rajutannya," tutup Sari. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help