Surya/
Home »

Bisnis

» Makro

Berita Ekonomi Bisnis

Pelindo III Mulai Bangun Terminal Penumpang di 11 Pelabuhan, 4 Ditarget Selesai Tahun  ini 

Meski penumpang kapal terus menurun, PT Pelindo III (Persero) mulai membangun terminal penumpang di 11 pelabuhan.

Pelindo III Mulai Bangun Terminal Penumpang di 11 Pelabuhan, 4 Ditarget Selesai Tahun  ini 
ist
Peralatan kepelabuhan milik Pelindo III (Persero) yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen 

SURYA.co.id | SURABAYA - Meski penumpang kapal terus menurun, PT Pelindo III (Persero) mulai membangun terminal penumpang di 11 pelabuhan. Pembangunan dimulai di tahun 2018 ini dan ditargetkan tahun 2019 empat di antaranya akan selesai.

Director Engineering, Information and Communication Technology Pelindo III, Husein Latief, mengatakan, pihaknya terus mendorong penyelesaian empat pelabuhan sisa itu agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Saat ini dari 11 terminal penumpang yang kami bangun. Tujuh sudah dalam progres pembangunan dan empat masih proses penyiapan dan tahun ini diharapkan selesai," kelas Husein saat menerima kunjungan anggota komisi VI DPR RI Bambang Haryo, Rabu (3/1/2018).

Lebih lanjut, Husein menyatakan tahun 2018-2019 masuk dalam proses pengerjaan, dan pihaknya mengharapkan bisa selesai di akhir 2019. Karena saat ini masih ada beberapa kendala di empat pelabuhan tersebut.

Antara lain masalah izin analisa dampak lingkungan (amdal), serta Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Empat pelabuhan penumpang itu antara lain Terminal Penumpang Kumai, Kupang, Bima, dan Maumere.

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo juga mendorong agar empat pelabuhan bisa diselesaikan progresnya, karena manfaat terminal penumpang sangat banyak, di antaranya mendorong perekonomian wilayah.

"Keberadaan terminal penumpang bisa menjadi agen pemerintah, namun demikian tidak selalu komersial, karena kontribusinya kecil," kata Bambang.

Berdasarkan catatan Pelindo III, kontribusi terminal penumpang dalam pemasukan perusahaan rata-rata hanya mencapai lima persen, sehingga tidak signifikan dijadikan komersial.

Sebelumnya, Pelindo III berencana membangun sedikitnya 11 terminal penumpang kapal laut, khususnya di Kawasan Timur Indonesia, di antaranya Pelabuhan Tenau Kupang Nusa Tenggara Timur, Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat, Pelabuhan Sampit Kalimantan Tengah, dan Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah.

Selain itu, juga dibangun Pelabuhan Maumere Nusa Tenggara Timur, Pelabuhan Batulicin Kalimantan Selatan, Pelabuhan Bima Nusa Tenggara Barat, Pelabuhan Waingapu Nusa Tenggara Timur, Pelabuhan Ende Nusa Tenggara Timur, Pelabuhan Kalabahi Nusa Tenggara Timur dan Pelabuhan Ippi Nusa Tenggara Timur.

Pembangunan pelabuhan ini untuk meningkatkan pelayanan publik guna mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional berbasis maritim.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help