Citizen Reporter

Kemping Ukhuwah Keren

selama 3 hari ribuan peserta mengikuti kemah ukhuwah wilayah (kemwil) Jatim 2017 dengan rangkaian acara keren ... hasilnya?

Kemping Ukhuwah Keren
pixabay.com
ilustrasi 

                                                    

Reportase Moh Dasuki
Pembina pendamping kontingen SDIT Al-Hidayah Sumenep Pada kemah Ukhuwah Wilayah Jawa Timur 2017

 

TERNYATA berkemah itu menyenangkan, kata Abhi, salah satu siswa yang ikut dalam rombongan kontingen SDIT Al-Hidayah Sumenep pada kegiatan kemah ukhuwah wilayah Jawa Timur.

Rasa letih dan lelah sangat jelas sekali terlihat di wajah-wajah mungil itu. Setelah tiga hari (20-22/12/2017) mengikuti perkemahan lengkap dengan berbagai kegiatan. Namun keletihan dan kelelahan itu seakan terbayar lunas dengan pengalaman dan pengetahuan yang mereka peroleh saat kemah.

SDIT Al-Hidayah Sumenep mendelegasikan dua regu dalam kemah kali ini, regu putra dan putri. Masing-masing regu berjumlah 10 orang. Kemah ukhuwah wilayah (kemwil) diselenggarakan oleh satuan komunitas pramuka Sekolah Islam Terpadu (Sako Pramuka SIT) Jawa Timur.

Kurang lebih 2 ribu pelajar tingkat SD dan SMP di bawah naungan Sekolah Islam Terpadu (SIT) se Jawa Timur mengikuti kemwil 2017 yang mengusung tema bersama pramuka SIT, bangun karakter bangsa.

Untuk kemwil tingkat SD IT diadakan tanggal 20-22 Desember 2017 dan tingkat SMP dihelat 19-22 Desember 2017 di bumi perkemahan Coban Talun Batu Malang.

Tidak hanya para siswa yang antusias dalam kegiatan ini, orangtua mereka juga tak mau ketinggalan. Seperti Monalisa, wali dari ananda Dafa, ia merasa senang dan bangga karena anaknya dipilih mengikuti kemwil.

"Biaya yang kami keluarkan tak berarti apa-apa dibandingkan dengan keceriaan, pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh anak saya dalam kegiatan kemwil ini," ungkapnya mantap.

Beda lagi denga Lia, wali dari ananda Sekar, menurutnya, dia sengaja mengikutkan anaknya supaya buah hatinya bisa berlatih mandiri dan disiplin.

"Waktu tiga hari mungkin terlalu singkat, tapi saya rasa sudah cukup untuk melatih anak-anak mandiri dan disiplin baik dalam tim atau individu," tuturnya.

Walaupun suasana di tempat perkemahan sangat dingin, apalagi ditambah dengan cuaca yang hampir setiap hari turun hujan, para peserta kemwil tetap antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan selama tiga hari. Alhamdulillah kontigen dari SDIT Al-Hidayah Sumenep semuanya sehat bugar tidak ada yang sakit hingga hari akhir pelaksanaan.

Di akhir acara panitia menyajikan konser ukhuwah yang diisi oleh Jivo dan semua peserta nampak bahagia menikmati acara. Di sela-sela acara diselingi dengan kuis berhadiah menarik bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved