Berita Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Dorong Tiap Desa Punya BUMDes

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mendorong agar setiap desa di Sidoarjo memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengangkat potensi masing-masing.

Bupati Sidoarjo Dorong Tiap Desa Punya BUMDes
surabaya.tribunnews.com/irwan syairwan

SURYA.co.id | SIDOARJO - Desa-desa di Sidoarjo setidaknya harus memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUM Des). Selain untuk kemandirian desa, adanya BUM Des tersebut bisa mengangkat potensi yang ada di desa tersebut.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, saat di acara Bursa Inovasi Desa di GOR Delta, Jumat (29/12/2017), mengatakan desa-desa yang mandiri pasti meningkatkan kesejahteraan warganya.

"Salah satu caranya, yaitu memiliki BUM Des," kata Saiful.

Bupati dua periode ini menuturkan dari 353 desa yang ada di Kota Delta, baru 78 desa yangvtelah memilki BUM Des. BUM Des itu berupa pembuatan produk pangan, kerajinan, dan lainnya.

Pada 2018 nanti, lanjut Saiful, pihaknya mengharapkan setidaknya setengah jumlah desa di Sidoarjo telah memiliki BUM Des tersebut.

"Kami pasti lakukan pendampingan, berupa pelatihan bagi warga desa yang ingin mendirikan usaha kreatif," sambungnya.

Tak perlu mencari hal yang sulit untuk mengadakan BUM Des. Saiful menerangkan potensi yang dimiliki desa bisa digarap dan dikembangkan.

Dicontohkan, jika desa tersebut merupakan kawasan tambak, adanya pembuatan industri pengolahan ikan bakal mengangkat nilai jual produk ikan yang dihasilkan.

"Kalau diolah menjadi produk, hasil jualnya semakin mahal ketimbang hanya menjual produk utamanya saja. Intinya berikan nilai lebih dari potensi yang ada di desa," ujarnya.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help