Surya/

Advertorial

Surabaya Sering Banjir Rob, Dua Pintu Air Utara dan Timur Ditinggikan

Untuk mencegah banjir rob kembali melanda, wali kota Surabaya, Tri Rismaharini telah menginstruksikan dilakukannya penambahan ketinggian pintu air.

Surabaya Sering Banjir Rob, Dua Pintu Air Utara dan Timur Ditinggikan
surya/fatimatuz zahroh
Wali Kota Surabaua Tri Rismaharini saat meninjau proyek pematusan di sekitar Sungai Kandangan, Kalianak, Senin (18/12/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Beberapa pekan lalu Kota Surabaya kembali diterjang banjir rob atau banjir yang disebabkan oleh arus balik laut ke daratan.

Setelah kejadian itu, Wali Kota Surabaya. Tri Rismaharini meninjau dua titik pintu air dan rumah pompa di kawasan ujung Timur dan ujung barat Surabaya, Selasa (13/12/2017).

Titik yang dituju pertama adalah rumah pompa bozem Morokrembangan. Di sana, pintu air berbatasan langsung dengan air laut.

"Saat pasang kemarin, saya memang sedang ada di luar negeri. Nah setelah saya lihat itu posisi air laut dan sungai itu sudah peres. Sejajar," kata Risma.

Ia pun mengecek kondisi pintu air di sana. Dan ia meminta agar Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya melakukan peninggian untuk plat di pintu air.

Plat pintu air yang ada diminta ditinggikan sampai satu meter. Menurut Risma peninggian itu akan menghalangi adanya air laut kembali ke daratan.

"Ternyata kemarin itu air lautnya lompat kembali ke daratan. Lha kan percuma kan kita memompa air ke luat ternyata dia lompat ke daratan lagi, makanya ini kita sidak pintu airnya agar saya bisa tunjukkan mana yang harus ditinggikan, agar tidak ada rob lagi," urainya.

Ikut dalam rombongan sidak siang itu Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati, dan jajaran kepala bidang.

Tak hanya meninjau pintu air yang ada di Bozem Morokrembangan, Risma dan rombongan juga meninjau pintu air di timur Surabaya yaitu di Tambak Wedi.

Dikatakan Risma, rumah pompa di sana sudah ditambah kapasitasnya sampai tiga meter kubik per detik. Namun wilayah timur masih terdampak rob karena pintu air terlalu rendah dan butuh ditinggikan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help