Advertorial

Pemkot Surabaya Serius Tanggulangi Banjir. Ini Buktinya

Pemkot Surabaya menyatakan keseriusannya untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi khususnya di musim hujan. Ini upaya-upaya mereka...

Pemkot Surabaya Serius Tanggulangi Banjir. Ini Buktinya
surya/fatimatuz zahroh
Proyek pembangunan rumah pompa Kandangan Surabaya. 

SURYA.Cco.id |SURABAYA - Program penanggulangan banjir dilakukan Pemkot Surabaya dari banyak aspek. Selain membangun banyak box culvert untuk saluran air, Pemkot Surabaya juga melakukan pembangunan rumah pompa baru.

Tepatnya di ujung muara sungai Kandangan, Pemkot membangun pompa Kandangan dengan kapasitas besar.

Pompa ini bahkan disebut-sebut paling besar di antara rumah pompa lain yang ada di Kota Pahlawan.

Di rumah pompa tersebut bakal dipasang dua pompa banjir dan dua pompa lumpur dengan kapasitas penyedotan banjir sampai tiga meter kubik per detik untuk masing masing pompa banjir. Sedangkan untuk pompa lumpur, kapasitasnya mencapai 250 liter per detik.

"Ini sengaja kami buat di sini, dengan kapasitas yang besar. Karena Surabaya Barat air ke sini semua ngalirnya. Mulai HR Muhammad, Darmo Satelit, dan kawasan barat ke sini larinya," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meninjau proyek rumah pompa Kandangan, Senin (18/12/2017).

Dikatakan Risma, pembangunan rumah pompa ini memang agak lama dan sempat tersendat. Ini karena Pemkot kesulitan untuk menemukan lahan dan akses untuk mengerjakan proyek.

Pemkot harus membebaskan lahan untuk membangun dudukan pompa. Selain itu Pemkot juga dipinjami lahan pergudangan untuk bisa mengakses proyek yang memang letaknya ada di muara.

"Rumah pompa ini bahkan lebih besar dari bozem Morokrembangan. Sekarang memang masih progres dan kita percepat, target akhir Januari 2018 harus sudah selesai," kata Risma.

(Baca: VIDEO- Walikota Risma Sambangi Proyek Rumah Pompa Terbesar di Surabaya)

Saat ini progresnya baru 50 persen secara fisik. Sedangkan untuk persiapan perlengkapan alat pompa sudah didatangkan sebanyak dua pompa banjir dan dua pompa lumpur.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved