Berita Surabaya

Pemkot Janjikan Dewan Kesenian Surabaya Tak Akan Keluar dari Balai Pemuda

Pemkot akan mempertahankan DKS dan BMS untuk tidak berpindah dari Balai Pemuda.

Pemkot Janjikan Dewan Kesenian Surabaya Tak Akan Keluar dari Balai Pemuda
surya/fatimatuz zahroh
Bangunan di Balai Pemuda yang dibongkar Pemkot Surabaya, Rabu (20/12/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Meski diskusi sempat berlangsung alot dan diwarnai kericuhan, namun hearing pembongkaran gedung Dewan Kesenian Surabaya (DKS) dan Bengkel Muda Surabaya (BMS) bersama Komisi C, Rabu (20/12/2017), akhirnya menghasilkan solusi penengah.

Pemerintah Kota Surabaya menjanjikan DKS dan juga BMS tidak akan keluar dari Balai Pemuda meski gedung sekretariat mereka bakal terbongkar seiring dengan perencanaan peluasan masjid As Sakinah dan juga gedung baru DPRD setinggi tujuh lantai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota SUrabaya Widodo Suryantoro mengatakan, Pemkot akan mempertahankan DKS dan BMS untuk tidak berpindah dari Balai Pemuda.

Mereka diberi fasilitas ruang untuk menempati Gedung Merah Putih.

"Kami tidak berniat untuk memindahkan mereka untuk keluar dari Balai Pemuda. Hearing ini tepatnya adalah mencarikan solusi, dengan semangat yang sama yaitu memajukan dan mengembangkan kesenian di Surabaya," ucap Widodo.

Namun untuk penempatan di Gedung Merah Putih untuk DKS dan BMS ini sifatnya sementara.

Sebab dari Pemkot sendiri sudah menyiapkan alternatif gedung pengganti sekretariat DKS dan BMS menyatu dengan gedung DPRD kota SUrabaya yang baru setinggi tujuh lantai tersebut.

"Yang sekarang rancu itu adalah adanya rencana pembangunan Gedung Kesenian Surabaya di Hi Tech. Kami bukan berniat memindahkan DKS dan BMS di sana, tapi Gedung Kesenian itu untuk wadah latihan dan pertunjukan mereka," kata Widodo.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Eri Cahyadi mengatakan dalam rencana awal, desain pertama, dari gedung baru DPRD ada ruang untuk DKS dan BMS di dua lantai setengah.

"Rencana itu sudah kami sampaikan ke wali kota juga, saya sampaikan bahwa ada 2,5 lantai gedung DPRD yang baru diantaranya adalah untuk DKS dan BMS, jadi tidak keluar dari Balai Pemuda," kata Eri.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved