Surya/

Kesehatan

Tips Mengatasi Kuku Rusak Tanpa Harus ke Terapis Atau Dokter

Tak ingin punya warna kuku kekuningan dan rusak? Ada cara mudah yang dapat dilakukan tanpa harus melalui perawatan terapis dan dokter lho..

Tips Mengatasi Kuku Rusak Tanpa Harus ke Terapis Atau Dokter
surabaya.tribunnews.com/pipit maulidiyah
dr. Ellen Sidowati, Sp. KK, dermatologist & aesthetic consultant Skin A Dermotology & Aesthetic Clinic, Surabaya Barat mengecek kuku pasien. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tak ingin punya warna kuku kekuningan dan rusak, ternyata ada cara mudah yang dapat dilakukan tanpa harus melalui perawatan terapis dan dokter sekalipun. 

dr. Ellen Sidowati, Sp. KK, dermatologist & aesthetic consultant Skin A Dermotology & Aesthetic Clinic, Surabaya, menjelaskan bahwa warna dan bentuk kuku yang berubah memang dipengaruhi dari dua faktor.

Di antaranya karena memang kurang dirawat dan yang kedua karena kondisi kesehatan tubuh.

Sementara untuk kondisi kuku yang kurang dirawat bisa diperbaiki, dengan cara mudah.

"Untuk perawatan kuku tetap harus rajin cuci tangan dan pakai lotion. Tapi bagi yang kukunya bermasalah parah, harus konsultasi ke dokter dan pakai obat oral dan salep," tegasnya.

(Kenali Penyakit lewat Warna dan Bentuk Kuku. Kuku Putih dan Kecoklatan Pertanda Mengidap ini)

Menurut Ellen, sejumlah perubahan tampilan kuku menandakan adanya infeksi bakteri atau cedera. Namun tanda lainnya juga bisa merujuk kepada penyakit tertentu yang lebih serius.

"Laju pertumbuhan kuku pun bisa memberikan petunjuk tentang kondisi kesehatan. Kuku jemari yang sehat tumbuh kira-kira 3,5 mm per bulannya, dan dipengaruhi oleh asupan nutrisi, obat-obatan, trauma, penyakit, dan proses penuaan tubuh," jelasnya, Selasa (19/12).

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help