Berita Pendidikan Surabaya

BOS SD/SMP di Surabaya Triwulan IV Cair, Sekolah segera Bayar Utang

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan keempat untuk SD dan SMP di Kota Surabaya baru dicairkan.

BOS SD/SMP di Surabaya Triwulan IV Cair, Sekolah segera Bayar Utang
surya/sugiyono
Foto ilustrasi keceriaan siswa SD. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan keempat untuk SD dan SMP di Kota Surabaya baru dicairkan menjelang tutup tahun. Padahal biasanya pencairan dilakukan di tengah triwulan, tepatnya pada bulan Oktober.

Untuk mengatasi keterlambatan pembiayaan ini, sekolah harus mengambil sejumlah pinjaman untuk biaya gaji dan pembiayaan lainnya yang harusnya dibiayai dari anggaran BOS pusat.

Hadi Suryani, Kepala SD Wonokromo 1 mengungkapkan sudah menuntaskan syarat untuk pencairan BOS sejak bulan Oktober sayangnya dana BOS belum juga diterima hingga memasuki pertengahan Desember.

"Baru tadi pagi kami cek.sudah cair, jadi ya tinggal bayar hutang-hutang uang kemarin buat gaji dan belanja. Untuk laporannya gampang,"ujarnya pada SURYA.co.id, Selasa (19/12/2017).

Menurutnya telatnya pencairan BOS ini pastinya menjadi kesulitan tersendiri bagi para kepala sekolah. Sebeb gaji guru harus dibayarkan tepat waktu, dan jika koperasi simpan pinjam tidak mencukupi maka manajemen sekolah akan kesulitan.

"Triwulan ini sekolah kami cair dana BOS sebesar Rp 98.000.000. Bayar gaji Rp 39 juta untuk 10 Guru Tidak Tetap pembina ekskul, ini juga termasuk tenaga administrasi,"urainya.

Dikonfirmasi terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Aston Tambunan mengungkapkan seluruh data kelengkapan SD dan SMP di Kota Surabaya sudah selesai Oktober lalu. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dindik Jatim sebagai penyalur dana terkait pencairan dana.

"Beberapa kali saya tanyakan kapan pencairannya katanya segera. Saya juga baru dapat kabar beberapa sekolah sudah cair hari ini,"jelasnya.

Menurutnya, karena data langsung dari pusat. Maka pihak dindik Kota Surabaya masih berusaha berkoordinasi dengan bank Jatim untuk mengetahui jumlah sekolah yang menerima pencairan dana BOS hari ini.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help