Berita Bisnis

Bank Indonesia Buka Kas Titipan di Sumenep, Ini Tujuannya

BI KPw Jatim meresmikan dan membuka kas titipan di Sumenep di BNI Kantor Cabang (KC) Pamekasan.

Bank Indonesia Buka Kas Titipan di Sumenep, Ini Tujuannya
surya/fatkhul alamy
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI KPw) Jarim, Difi Ahmad Johansyah (kedua dari kanan) saat menandatangani MoU kas tiripan di BNI Cabang Sumenep, Jumat (15/12/2017). 

SURYA.co.id | SUMENEP - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (BI KPw Jatim) terus
berupaya memastikan peredaran uang rupiah layak edar baik dari segi nominal ataupun jenis pecahan secara tepat waktu dan jumlah.

Langkah yang dilajukan BI KPw Jatim, yakni membuka kas titipan.

Terbaru, BI KPw Jatim meresmikan dan membuka kas titipan di Sumenep di BNI Kantor Cabang (KC) Pamekasan, Jumat (15/12/2017).

Peresmian dan pembukaan kas titipan di Sumenep ini dihadiri Sekda Sumenep, R Idris, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI KPw) Jarim Difi Ahmad Johansyah, Kepala BNI PGS Kanwil Surabaya Suryo Utomo, Forpimda Pamekasan, dan perbankan di Sumenep.

Difi Ahmad Johansyah menjelaskan, kas titipan merupakan kegiatan penyediaan uang oleh Bank Indonesia yang dititipkan pada salah satu bank.

Tujuannya mencukupi persediaan kas bank-bank di wilayah sekitarnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Melalui kas titipan, kita bantu di perbankkan daerah. Karena bank daerah merupakan kepanjangan BI," sebut Difi Ahmad dalam peresmian dan pembukaan kas titipan di BNI Sumenep, Jumat (15/12/2017).

Kas titipan di Sumenep ini, bagi BI Jatim merupakan yang ketujuh.

Sebelumnya kas titipan sudah dibuka di Bojonegoro, Madiun, Ponorogo, Probolinggo, Banyuwangi, dan Pemekasan.

Difi Ahmad berharap, kebutuhan masyarakat Sumenep dan sekitarnya akan uang segar bisa terpenuhi dengan dibukanya kas titipan.

Kas titipan ini diharapkan bisa dikelola oleh BNI.

"Kami pilih BNI ini tak sembarangan, tapi melalui survei," tutur Difi Ahmad.

Jumlah uang atau plafon dalam kas titipan di Sumenep, nilainya sebesar Rp 200 miliar untuk memenuhi kebutuhan uang di perbankan Sumenep.

Dalam peresmian dan pembukaan kas titipan, BI Perwakilan Jatim tidak hanya melakukan tanda tangan MoU dengan BNI Sumene.

Melainkan juga MoU dengan bank lainnya di Sumenep, yakni BRI, Mandri, Bank Jatim, BTN, Mandiri Syariah, BNI Syariah, BWS (Bank Woori Saudara).

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help