Berita Malang Raya

Mahasiswa Islam Radikal Masih Eksis di Universitas Negeri Malang

Kelompok mahasiswa dengan pemahaman Islam radikal dan ekstrim masih ada di kampus-kampus, termasuk Universitas Negeri Malang.

Mahasiswa Islam Radikal Masih Eksis di Universitas Negeri Malang
surabaya.tribunnews.com/neneng uswatun hasanah
Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag mengadakan Workshop Penguatan Moderasi Islam, Selasa (12/12/2017). 

SURYA.co.id | MALANG - Kelompok-kelompok mahasiswa dengan pemahaman ekstrim dan radikal di tiap kampus memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya.

Begitu pula di Universitas Negeri Malang.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama LP3 UM, Dr Yusuf Hanafi SAg MFilI, kelompok mahasiswa berpaham radikal itu memang ada.

“Namun belakangan sudah membaik. Makin lama aksi dan pemahaman radikalisme di UM makin surut. Tapi bukan berarti sudah habis,” katanya di sela workshop penguatan Islam moderat, Selasa (12/12/2017).

Ia menambahkan, sel-sel yang tidur akan mudah bangkit kembali. Apalagi dia tahu pasti adanya unit kegiatan mahasiswa yang berafiliasi pada dalah satu organisasi agama yang radikal.

“Sangat perlu diperbaiki supaya arus moderasi Islam menjadi dasar. Islam moderat di kampus ini mayoritas tapi mereka diam. Sedangkan yang radikal itu minoritas tapi lantang dan vokal dalam menyuarakan paham yang dianut,” terang dosen Sastra Arab itu.

(Jumlah Guru Agama Islam Berkompeten Kurang, Siswa Rawan Disusupi Paham Radikal)

Ia berharap mahasiswa sebagai pemimpin di generasi masa mendatang harus betul-betul terjaga pemahaman dan pemikiran keagamaannya.

“Dimulai dari sekarang dibentengi dari kontaminasi ideologi transnasional yang tidak cocok dengan falsafah agama. Karena kebehasilan masa sekarang ini akan jadi potret Indonesia di masa depan,” tutupnya. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help