Berita Sidoarjo

PGRI Sidoarjo dan Harian Surya  Gelar Pelatihan- Menulis Bukan Bakat, tapi Keterampilan yang . . .

Menulis bukan sekedar bakat melainkan sebuah keterampilan. Karenanya, menulis bisa dilatih dengan cara-cara tertentu.

PGRI Sidoarjo dan Harian Surya  Gelar Pelatihan-  Menulis Bukan Bakat, tapi Keterampilan yang . . .
surya/irwan syairwan
Redaktor senior Harian Surya Endah Imawati menyampaikan materi dalam pelatihan menulis digelar PGRI Sidoarjo bersama Harian Surya, Minggu (10/12/2017). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Menulis bukan sekedar bakat melainkan sebuah keterampilan. Karenanya, menulis bisa dilatih dengan cara-cara tertentu. Di Sidoarjo, puluhan guru sedang berlatih untuk menjadi penulis.

Diprakarsai oleh Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sidoarjo bersama Harian Surya di Gedung PGRI Sidoarjo, Minggu (10/12/2017), para Guru Kota Delta ini sedang merintis jalan menjadi seorang penulis.

Khoirun Nisak (33) menyimak betul pemaparan tentang keterampilan menulis yang disampaikan oleh dosen sekaligus praktisi penulis Endah Imawati.

Meski guru di SD Taman Pendidikan Islam (TPI) Gedangan ini telah memiliki tiga karya buku, tak membuatnya jumawa, namun terus mengasah kemampuannya dengan mengikuti acara pelatihan menulis.

"Saya harus me-refresh teori-teori menulis dari berbagai narasumber. Tiap narasumber berbeda penyampaiannya, dan pasti saya mendapatkan ilmu-ilmu baru untuk diterapkan dalam karya-karya saya berikutnya," kata Nisa.

Bagi Nisa, menulis itu mendamaikan dirinya. Apalagi ketika materi tulisannya bisa berguna bagi masyarakat.

Saking pentingnya menulis menurut Nisa, ia bahkan membuat klub penulis untuk siswanya.

Nisa banyak menulis berbagai topik, mulai dari pendidikan, sosial, teori kepenulisan, hingga artikel-artikel populer di media massa. Tulisan-tulisan Nisa bertebaran, bahkan di Harian Surya.

"Saya juga seorang Cipoer (sebutan untuk komunitas penulis Citizen Reporter Harian Surya) lho," unar Nisa yang kemudian terkekeh.

Pemateri Endah Imawati menerangkan hal utama dalam menulis adalah sasaran pembacanya. Akan sangat percuma tulisan dengan topik bagus, namun muatannya tak sampai ke pembaca karena teknik menulis yang sesuai.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help