Berita Surabaya

Sempat Mangkrak, Anggaran Proyek Box Culvert Benowo Ditambah Rp 122 Miliar, ini Tujuannya

Penyelesaian proyek pematusan box culvert di Surabaya barat hingga saat ini belum rampung.

Sempat Mangkrak, Anggaran Proyek Box Culvert Benowo Ditambah Rp 122 Miliar, ini Tujuannya
surabaya.tribunnews.com/Fatimatuz Zahroh
Pengerjaan saluran box culvert diversi Gunung Sari di Jalan Raya Benowo Indah terhenti. 

SURYA.Co.ID | SURABAYA - Penyelesaian proyek pematusan box culvert di Surabaya barat hingga saat ini belum rampung. Proyek box culvert dari Banyu Urip hingga Benowo itu sekarang masih berjalan sampai di depan Universitas Wijaya Putra, Benowo dan baru digarap dua bulan terakhir.

Meski masih belum selesai dan masih berjalan hingga tahun depan, proyek ini digelontor lagi anggaran sebesar Rp 122 miliar di tahun 2018. Proyek ini digelontor dana multi tahun 2018 dan 2019.

Kepala Bappeko Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, pemberian alokasi anggaran tersebut dimaksudkan untuk mempercepat penyelesaian proyek penanggulangan banjir di Surabaya.

"Saat ini untuk proyek box culvert Banyu Urip itu masih kurang sekitar enam kilometer dari total panjang box culvert sepanjang 20 kilometer. Sedaang kita kebut untuk bisa selesai sampai ujungnya di Benowo," kata Agus, Jumat (8/12/2017).

Dikatakan Agus, proyek tersebut sebelumnya sudah dianggarkan multiyears sebesar Rp 142 miliar.

Namun tahun depan dianggarkan multiyears dua tahun lagi dengan anggaran Rp 122 miliar. Targetnya di tahun 2019 proyek tersebut bisa rampung dan tersambung hingga Benowo.

Penambahan proyek multiyears tersebut diharapkan bisa segera merampungkan pengerjaan proyek dan permasalahan banjir di Surabaya barat bisa teratasi.

Disampaikan Agus, proyek tersebut akan berperan dua fungsi. Untuk menambah kapasitas jalan baru dan  menyediakan saluran drainase.

"Kalau total anggaran untuk penyelenggaraan pematusan dalam mengatasi banjir kita alokasikan Rp 600 miliar. Termasuk pembangunan rumah pompa dan penambahan kapasitas pompa, ada 56 rumah pompa yang nanti akan dimamaksimalkan," katanya.

Lebih lanjut, disampaikan Agus, upaya proyek penanggulangan banjir ini dilakukan untuk menurunkan tinggi genangan, luasan genangan dan waktu lamanya genangan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved