Surya/

Berita Surabaya

Mantapkan UNBK Tahun Depan, Dinas Pendidikan Jatim Siapkan Help Desk

Ingin pelaksanaan ujian nasional di Jatim tahun depan bisa 100 persen berbasis komputer, Dinas Pendidikan Jatim mulai bersiap dari sekarang.

Mantapkan UNBK Tahun Depan, Dinas Pendidikan Jatim Siapkan Help Desk
surya/david yohannes
(dok) Suasana UNBK di SMAN 1 Kepanjen, Malang, Senin (10/4/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim mulai menguatkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan menetapkan help desk di provinsi dan tiap daerah. Bahkan kini Dindik Jatim menjalin kerjasama dengan Kemenag untuk komitmen 100 persen UNBK.

"Jadi UN madrasah disatukan dan diintegrasikan dengan pendidikan di dindik jatim. Sebelumnya UN kemenag dijalankan terpisah," jelas Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman ketika dikonfirmasi perkembangan UNBK di Jatim, Kamis (7/12/2017).

Help desk yang dilakukan, lanjutnya, meliputi penguatan proktor maupun antisipasi teknis dan pelaksanaan UNBK.  

UNBK akan kembali disusun dengan sistem minim pengawas dan banyak menggunakan CCTV.

"Sejauh ini data peserta UNBK sudah tersinkron otomatis langsung dengan kementerian. Kota Kabupaten juga mulai menyiapkan diri untuk UNBK," jelasnya.

Ali Gufron, proktor SMAN 10 Surabaya mengungkapkan help desk tahun lalu diletakkan di tiap wilayah, di provinsi dan kota. Proktor dari pusat juga ditempatkan di help desk untuk memudahkan koordinasi.

"Tetapi sekarang lebih mudah koordinasi melalui grup Whatsapp. Jadi kalau ada masalah bisa langsung komunikasi dengan pusat dan juga daerah,"lanjutnya.

Iapun berharap persiapan pada perbaikan sistem aplikasi diharapkan bisa dengan mudah dicerna proktor. Seperti simulasi pertama yang menurutnya sudah diperbaiki berdasarkan evaluasi tahun lalu.

"Simulasi sudah selesai, tinggal menunggu sistem aplikasinya yang diperbarui. Kami menunggu instruksi di Jakarta,"ujarnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help