Surya/

Citizen Reporter

Kata Tengsoe Tjahjono Jangan Pernah Membaca Buku Teori Puisi Jika Ingin Bisa Menulis Puisi

bisa jadi menulis puisi itu gampang-gampang susah, tapi bukan berarti tidak bisa ... simak saja cara Tengsoe Tjahjono mencipta puisi ..

Kata Tengsoe Tjahjono Jangan Pernah Membaca Buku Teori Puisi Jika Ingin Bisa Menulis Puisi
amalia safitri hidayati/citizen reporter
Tengsoe Tjahjono berpuisi 

Reportase Amalia Safitri Hidayati
Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang

 

PUISI menjadi jalan efektif untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan akan suatu hal. Begitulah Tengsoe Tjahjono mengungkapkan perihal puisi ketika membuka workshop Pelatihan Penulisan Puisi di Rumah Kreatif BUMN Malang, Sabtu (18/11/2017).

Sastrawan yang akrab dipanggil Tengsoe ini membagikan pengalamannya yang diringkas menjadi 15 kiat belajar menulis puisi untuk pemula.

Acara yang digelar sejak pukul 12.00 WIB itu menyedot antusias peserta untuk datang ke kantor yang beralamat di Jalan Raya Langsep Malang ini. Tengsoe mengawali pelatihannya dengan membagikan tip berdasarkan pengalamannya.

Ketika menulis puisi, ujarnya, jangan memiliki keinginan untuk menulis puisi yang baik, karena hal itu bisa jadi membuat kita tidak berani menulis.

Dosen Universitas Negeri Surabaya ini juga mengingatkan peserta agar tidak mempunyai keinginan menulis puisi seindah penyair yang sudah ‘jadi’, seperti Chairil Anwar, Rendra, Sapardi Djoko Darmono, dan lain sebagainya.

Menurutnya, hal itu malah akan membuat penulis pemula merasa gagal ketika hasilnya tak seindah karya mereka.

Menurutnya, puisi tidak harus berbahasa indah, namun harus mempunyai daya magis. “Jangan pernah melupakan gagasan apa yang harus kita sampaikan,” ungkapnya.

Hal itulah yang menjadikan Tengsoe memberikan tip, bahwa penulis pemula sebaiknya tidak membaca buku teori menulis puisi karena akan memberi stigma bila berpuisi itu sulit.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help