Surya/

Berita Sidoarjo

Jika Pengelolaan Jalan Raya Porong Diserahkan Pemkab Sidoarjo, Beban ini bakal  Ditanggung 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo memiliki tambahan beban anggaran jika nantinya mendapat pengelolaan Jalan Raya Porong.

Jika Pengelolaan Jalan Raya Porong Diserahkan Pemkab Sidoarjo, Beban ini bakal  Ditanggung 
surya/irwan syairwan
Jalan rusak di salah satu desa di Sidoarjo akibat terdampak Jalan Raya Porong banjir. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo memiliki tambahan beban anggaran jika nantinya mendapat pengelolaan Jalan Raya Porong (JRP).

Di samping terbatasnya anggaran untuk jalan, JRP memiliki permasalahan jalan ambles akibat luapan lumpur Lapindo sehingga membutuhkan perawatan tiap tahunnya.

Kepala Dinas PUPR Sidosrjo, Sigit Setyawan, , Kamis (7/12/2017), mengatakan beban anggaran OPD-nya akan bertambah jika Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII menyerahkan pengelolaan JRP ke Pemkab Sidosrjo.

"Memang masih wacana, namun bakal berdampak pada anggaran," kata Sigit.

Apalagi, anggaran PUPR untuk tahun anggaran 2017 terpecah menjadi tiga akibat penyatuan tiga OPD (Bina Marga, Cipta Karya, dan Pengairan) menjadi satu, yaitu PUPR. Khusus untuk jalan, anggaran yang tersedia sekitar Rp 160 miliar.

Apalagi, PUPR masih memiliki beberapa proyek jangka panjang (Lingkar Timur, Ljngkar Barat, Frontage, dan lainnya) yang pengadaannya menggunakan sistem multiyears.

Sigit sendiri memang belum mengestimasi tambahan anggaran untuk JRP. Namun, pihaknya akan meminta bantuan dana dari pusat jika JRP benar-benar diserahkan ke Pemkab.

"Kalau tidak ada bantuan, bakal kesulitan," sambungnya.

Kendati demikian, Sigit mengakui pengelolaan banjir di JRP akan lebih maksimal jika JRP ditangani pemkab. Apalagi, banjir di JRP ini berimbas besar di beberapa desa hingga ke kecamatan lain.

"Jika JRP bebas banjir, wilayah lainnya tak akan berdampak," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help