Surya/

Berita Jombang

Materi Soal Berkonten Khilafah, UAS Fiqih MAN di Jombang Akhirnya Dianulir

Kantor Kemenag Jombang akhirnya membatalkan UAS mata pelajaran Fiqih di MAN di Jombang yang mengandung konten khilafah dan jihad.

Materi Soal Berkonten Khilafah, UAS Fiqih MAN di Jombang Akhirnya Dianulir
surabaya.tribunnews.com/sutono
Halaman pertama soal Ujian Akhir Semester (UAS)Mata Pelajaran Fiqih MAN Kelas XII di Jombang, yang di dalamnya terdapat konten khilafah dan jihad. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang akhirnya menganulir atau membatalkan Ujian Akhir Semester (UAS) MAN di Jombang, khusus mata pelajaran (Mapel) Fiqih yang diujikan Selasa (5/12/2017) kemarin.

Alasan pembatalan, karena ada banyak konten khilafah dalam materi UAS Fiqiih yang ternyata menimbulkan permasalahan dan kegaduhan di sejumlah kalangan.

“Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, kami putuskan membatalkan ujian fiqih. Dengan begitu UAS khusus fiqih akan diulang,” kata Kepala Seksi Madrasah H Amak Burhanudin, kepada Surya, Rabu (6/12/2017).

Dikatakan, keputusan pembatalan diambil setelah para petinggi Kantor Kemenag Jombang rapat Rabu siang (6/12/2017). Rapat juga melibatkan seluruh kepala MAN di Jombang.

“Bapak kepala kantor banyak mendapat pertanyaan dari masyarakat tentang materi ujian Fiqih kemarin. Sehingga kami putuskan untuk membatalkan ujian fiqih,” ulang Amak.

Menurutnya, sebenarnya konten soal khilafah tidak menyalahi atau menyimpang dari rel.

“Karena perihal khilafah itu juga terdapat pada silabus. Hanya saja, mungkin karena model soalnya menimbulkan multitafsir, kemudian muncul persoalan,” terang Amak.

Oleh karena itu, untuk UAS ulang nanti akan dibuat soal yang tidak menimbulkan banyak tafsir.

“Mungkin modelnya nanti agak beda, misalnya dengan isian. Bukan pilihan berganda seperti yang kemarin,” terang Amak.

Penulis soal tetap diserahkan kepada musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) fiqih.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help