Surya/

Citizen Reporter

Mading Kreatif Mudipat Ini Memang Hebat

kreativitas menjadi modal dasar sebuah karya inovatif yang beda dari biasanya .. itulah dasar bagi siswa sekolah dasar ini mengolah ide

Mading Kreatif Mudipat Ini Memang Hebat
muhimmatul azizah/citizen reporter
Mading mudipat 

Reportase Muhimmatul Azizah
Guru SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

 

SEDERHANA tapi penuh makna dan kreatif. Itulah sekilas penampilan majalah dinding (mading) karya siswa kelas 5C SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang Surabaya.

Di selembar kertas karton, mereka menuangkan ide tentang Muhammadiyah dan Pahlawan Nasional Indonesia. Dewan juri pun menobatkannya sebagai juara pertama lomba kreativitas siswa, Kamis (23/11/2017).

Lomba mading merayakan milad ke 108 M Muhammadiyah sekaligus peringatan Hari Pahlawan itu mengusung  tema utama Cinta Muhammadiyah dan Pahlawan Nasional. 

Peserta lomba adalah siswa kelas 3-6 yang setiap kelas diwakili lima siswa. Bertempat di hall lantai 4 sekolah, peserta lomba antusias menggunting, menempel, menyusun dan menghias mading dalam waktu dua jam. Untuk selanjutnya menyajikannya di depan dewan juri.

Tiap pararel kelas diambil juara 1, 2 dan 3. Termasuk dari level kelas 5, juara satu mading kreatif adalah dari 5C. “Senang dan bangga berhasil menjadi juara satu, sebab kami membawa nama baik kelas 5C,” kesan Alya, anggota tim 5C.

Farikha Fatmawati, juri menyampaikan, secara keseluruhan ide dari peserta lomba sangat kreatif. “Saya tak pernah menyangka, ternyata anak-anak itu hebat semua. Tanpa didampingi guru, mereka mampu membuat mading yang luar biasa,” komentarnya.

“Mading dari kelas 5C ini sederhana, kreatif dan penuh makna. Mereka membuat kepulauan di Indonesia, kemudian menambahkan sejumlah pahlawan nasional yang berasal dari daerah tersebut. Selanjutnya mendiskripsikan sejarah berdirinya Muhammadiyah dengan sangat menarik. Mereka juga menambahkan lambang organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah dengan sangat indah,” imbuhnya.

Alumnus Universitas Widya Mandala ini menambahkan, ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba ini. Misalnya.  kerjasama, ide kreatif, kesesuaian dengan tema, dan tak kalah penting adalah ketepatan waktu.

Para peserta dituntut mampu menyelesaikan tantangan lomba dengan waktu yang sudah ditentukan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help