Surya/

Citizen Reporter

Jessica Angelia Suhadi, Wisudawan Terbaik Widya Mandala Gara-gara Limbah Kulit Singkong

inilah ganjaran untuk aksi Jessica memurnikan minyak kelapa dari warna hitam kecokelatan menjadi pucat bening, warna minyak goreng umumnya..

Jessica Angelia Suhadi, Wisudawan Terbaik Widya Mandala Gara-gara Limbah Kulit Singkong
arie julia cristy/citizen reporter
Jessica Angelia Suhadi, wisudawan terbaik Universitas Widya Mandala Surabaya 

Reportase Arie Julia Cristy
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

 

CRUDE coconut oil adalah minyak yang dibuat dari ekstrak daging buah kelapa. Itu sebabnya crude coconut oil (CCO) ini tinggi antioksidan dan bermanfaat melawan keriput serta kulit kendur.

Selain itu CCO juga sering dimanfaatkan sebagai campuran minyak goreng. Warna awal CCO adalah jingga atau kuning kecokelatan karena kandungan karotenoid terutama beta-karoten.

Agar dapat digunakan, CCO harus dimurnikan terlebih dahulu lewat proses bleaching atau pemucatan. Umumnya, proses pemucatan minyak ini menggunakan bleaching earth atau bentonit sebagai adsorben.

Namun, Jessica Angelia Suhadi, mahasiswi Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) ini mencoba mengombinasi hydrochar pada bentonit untuk proses bleaching.

Mahasiswi asal Semarang, Jawa Tengah ini memanfaatkan hydrochar yang terbuat dari limbah kulit ketela pohon atau singkong, yang mudah didapatkan di mana saja.

Cara membuat hydrochar dari kulit singkong ini cukup mudah. Cukup dengan mencuci bersih kulit ketela pohon, kemudian dikeringkan dengan oven selama kurang lebih 24 jam, setelah itu baru dihaluskan menjadi serbuk.

“Mengombinasikan bentonit-hydrochar ini diharapkan akan terbentuk suatu adsorben yang memiliki kapasitas penyerapan yang lebih besar, juga lebih efisien waktu produksi,” jelas Jessica.

Setelah mengombinasikan bentonit-hydrochar, terciptalah komposit untuk memurnikan CCO. Kombinasi ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan adsorpsinya.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help