Surya/

Citizen Reporter

10 Jurus Hidup Sehat Ini Dimulai dari Urusan Perut …

menumbuhkan kebiasaan sehat idelanya dimulai sedari kanak-kanak .. inilah 10 jurus hidup sehat yang bisa dilakukan anak-anak ...

10 Jurus Hidup Sehat Ini Dimulai dari Urusan Perut …
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase Anang Pujimanto
Staf TU SD Muhammadiyah 4 Surabaya

GIZI seimbang artinya apa yang dimakan harus seimbang sesuai dengan kebutuhan. Istilahnya 4 sehat 5 sempurna, yakni  makanan harus mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh, lengkap ada karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin.

Demikian penjelasan Novianto, mahasiswa S2 Ilmu Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga saat penyuluhan hidup sehat di depan murid kelas IV dan V SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Pucang, Surabaya, saat memperingati Hari Kesehatan Nasional, Rabu (15/11/2017).

Novianto menambahkan, semua makanan sumber karbohidrat dan protein mengandung lemak, namun sebaiknya menghindari lemak dari gorengan dan makanan cepat saji.

"Kalau ingin sehat, tidak mau masuk rumah sakit, harus banyak makan sayuran dan buah-buahan,” saran Novianto.

“Selain sayuran dan buah-buahan, kita juga harus makan makanan yang berprotein yaitu ikan, daging, ayam, telur, kacang-kacangan, dan susu," jelasnya.

Setiap satu porsi makanan, lanjutnya, sebaiknya terdiri dari takaran gizi seimbang. Caranya? Seukuran tangan saat membentuk mangkuk, satu kepalan sayuran, satu kepalan buah-buahan, satu jempol lemak, dan satu telapak tangan protein.

“Tubuh harus diberi asupan makanan yang bergizi, agar terhindar dari penyakit, oleh karena itu batasi konsumsi gula, garam, dan makanan berminyak,” imbuhnya

“Kalau ingin sehat, tidak ingin mengalami gangguan gizi, kalian harus menjaga asupan gizi, sarapan yang bergizi sebelum berangkat ke sekolah jangan sampai ketinggalan, sarapan bisa membuat belajar lebih fokus, lebih semangat, tubuh lebih sehat dan kuat,” urainya.

Orang yang kekurangan atau mengalami gangguan gizi, jelas Novianto, akan berdampak pada perkembangan otak yang tidak optimal, menurunnya kemampuan kognitif, pertumbuhan fisik tidak optimal, stunting atau pendek, perkembangan organ metabolik tidak optimal, hipertensi, diabetes, obesitas, jantung, dan stroke.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help