Surya/

Road to Election

Romi Sebut Tokoh Partai Sulit Penuhi Kriteria Calon Kepala Daerah. Ini Alasannya

Ketum PPP, Muchammad Rohamurmuziy menyebut beberapa kriteria bakal calon kepala daerah yang menurutnya pantas untuk diusung partainya.

Romi Sebut Tokoh Partai Sulit Penuhi Kriteria Calon Kepala Daerah. Ini Alasannya
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muchammad Rohamurmuziy, memberikan sambutan pada acara Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) IV DPW PPP Jatim di Surabaya, Minggu (3/12/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muchammad Rohamurmuziy, menyebut beberapa kriteria bakal calon kepala daerah yang menurutnya pantas untuk diusung partainya.

Pria yang akrab disapa Romi ini merangkum kriteria tersebut dengan sebutan "Empat Tas Plus Satu".

Tas yang pertama adalah kepanjangan dari integritas.

Menurut Romi, saat ini banyak kepala daerah yang tak memiliki integritas.

Hal ini ditandai dengan banyaknya kepala daerah yang tersandung berbagai kasus pidana.

Berdasarkan data yang ia miliki, sebanyak 222 dari total 514 kepala daerah di Indonesia dibui karena tersangkut berbagai kasus.

"Kalau cuma satu atau dua, itu merupakan oknum. Namun, kalau sudah hampir separuh, itu adalah kesalahan sebuah sistem," ujar Romi pada sambutannya di acara Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) IV DPW PPP Jatim di Surabaya, Minggu (3/12/2017).

Menurutnya, tantangan kepala daerah saat ini ada pada sistem pemilu yang mengharuskan calon kepala daerah mengeluarkan modal politik yang relatif besar di tiap penyelenggaraan pilkada.

"Ini adalah tantangan seorang kepala daerah. Integritas seorang kepala daerah akan diuji. Terutama, untuk mengembalikan modal yang dikeluarkan ketika calon tersebut mencalonkan di pilkada," ujar Romi.

Tas yang kedua adalah kapasitas.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help