Surya/

Reportase dari Amerika

Serunya Menjelajah Warung di Seattle, Amerika Serikat

kenali daerah baru dari kulinernya .. nah, inilah keseruan Cipoer Choirun Nisa Ristanty saat menjelajah sejumlah warung di Seattle, Amerika ..

Serunya Menjelajah Warung di Seattle, Amerika Serikat
choirun nisa ristanty/citizen reporter
Ivar's Restaurant Seattle, Amerika 

Reportase Choirun Nisa Ristanty
Awardee LPDP/Mahasiswi jurusan kajian Asia Tenggara di University of Washington, Seattle, USA

 

SALAH satu kesulitan terbesar saya berkuliah di Amerika Serikat adalah beradaptasi dengan menu makanan negara Paman Sam ini. Sangat sulit bagi saya yang suka makanan berasa gurih dan pedas untuk beradaptasi dengan makanan khas Amerika yang terkenal tanpa rasa karena tidak banyak rempah di dalamnya.

Namun, saya sangat bersyukur sekali karena Seattle, salah satu kota di Washington yang ada di Amerika bagian Pacific Northwest ini tersedia banyak restoran dari semua bagian Asia, termasuk restoran Indonesia.

Jumlah imigran di Seattle semakin bertambah pasca meletusnya perang Korea dan perang Vietnam sehingga banyak sekali dari mereka yang membuka restoran Asia di sini. Seperti restoran sushi, ramen, mi pho (mi khas Vietnam), restoran tom yam (sup boga bahari khas Thailand).

Jangan salah, jika di Indonesia ada Pecinan, di Seattle juga ada distrik di Seattle yang bernama International District/Chinatown yang banyak sekali terdapat restoran khusus dari Asia Timur, yakni Jepang, China, dan Korea.

Pasar Asia juga tersedia di distrik ini yang bernama Uajimaya. Lalu, apa makanan yang benar-benar khas Seattle? Pertanyaan ini sangat sulit bagi saya, terutama yang baru saja tinggal di kota ini selama tiga bulan dan belum pergi ke banyak tempat.

Jangankan untuk saya, orang yang tinggal di Seattle bertahun-tahun juga membutuhkan beberapa menit untuk menjawab pertanyaan ini. Bisa jadi karena terlalu banyak makanan yang harus dipilih, atau mungkin kedai makanan yang sudah tutup dimakan zaman, bisa juga karena tidak banyak yang benar-benar khas.

Memang benar makanan Amerika di Seattle tidak jauh-jauh dari hamburger, pizza, atau fish and chips yang sangat berbeda dengan makanan Indonesia yang kaya dan beragam. Namun di sini, saya akan menguak hal lain tentang kuliner dari kota yang curah hujannya tertinggi di Amerika ini.

Jadi, beberapa makanan berikut bisa dibilang akan membuat saya harus berkata, “belum ke Seattle jika belum ke sini.” Apa saja tempat kuliner yang wajib dicoba di Seattle?

Halaman
1234
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help