Surya/

Citizen Reporter

Inilah yang Terjadi Ketika Netizen Bebas Curhat ke Kapolres Bangkalan …

apa yang terjadi ketika 50 warganet Bangkalan bebas curhat dan ngobrol apa saja bareng Kapolres Bangkalan?

Inilah yang Terjadi Ketika Netizen Bebas Curhat ke Kapolres Bangkalan …
lukman aldiansyah alief/citizen reporter
Netizen Bangkalan saat curhat bersama Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha 

­Reportase Lukman Aldiansyah Alief
Anggota Komunitas Blogger Plat-M Madura

 

 

WARGANET atau yang lebih kekinian disebut netizen, memiliki peran penting bagi perkembangan dunia digital. Di era millenials seperti sekarang, dunia digital utamanya media sosial tak bisa dipandang sebelah mata.

Kasus Saracen bisa menjadi contoh bagaimana media sangat berpengaruh untuk   menggiring opini netizen ke hal negatif, semisal berita hoax.

Sebaliknya, media social juga dapat digunakan untuk berbagi kebaikan. Lihat saja bagaimana Ridwan Kamil menggalang dana melalui media social untuk membantu pengungsi Rohingya.

Kebaikan seperti itulah yang diharapkan AKBP Anissullah M Ridha, Kapolres Bangkalan agar tertanam dalam diri 50 netizen Bangkalan di ajang Ngobrol Apa Saja, Rabu (29/11/2017) malam di Ole-Olang Resto Bangkalan.

Obrolan berjalan cukup dinamis. Netizen dapat bertanya apa saja dan langsung dijawab oleh Kapolres Bangkalan untuk mendapatkan jawaban yang valid.

Salah satu netizen, Anam (20) mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura misalnya, bertanya maraknya informasi yang diragukan sumbernya sehingga banyak masyarakat beranggapan info yang diterima benar meski ternyata hoax. Begitu punsebaliknya.

“Saya rasa ke depan Polres Bangkalan harus menyertakan identitas medsos atau email dalam infografik atau gambar-gambar yang dishare agar masyarakat percaya bahwa info  tersebut benar-benar dari Polres. Nanti bisa dicari kebenarannya,” ujarnya.

AKBP Anis menanggapi masukan Anam. Menurutnya, hal tersebut akan menjadi prosedur tetap (protap) Polres Bangkalan setiap menyebarkan informasi.

“Terima kasih Mas Anam atas masukannya. Selanjutnya, hal tersebut akan menjadi protap bagi kami. Jadi setiap mau share informasi berupa gambar, di bawahnya akan kami tulis sumbernya,” janji Kapolres yang telah bertugas 18 bulan di Bangkalan tersebut.

Kapolres Bangkalan juga mengajak netizen untuk berkomitmen menciptakan situasi yang kondusif di dunia nyata maupun dunia maya. Niat tersebut diamini melalui tanda tangan integritas pada banner panjang yang telah dipersiapkan untuk netizen.

Di akhir acara, ada door prize yang dibagikan berupa alat penunjang komunikasi berupa smartphone. Hadiah tersebut dipilih untuk menunjang komunikasi dan kegiatan positif para netizen di media sosial.

Dengan terselenggaranya acara tersebut, diharapkan netizen dapat mengisi dunia digital dengan konten positif serta menciptakan situasi dunia maya yang kondusif, terlebih menjelang Pilkada 2018.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help