Surya/
Home »

Bisnis

» Makro

Berita Ekonomi Bisnis

Pasar sedang Lesu, Pegusaha Elektronik Genjot lewat Pameran

Melambatnya konsumsi masyarakat berimbas pada penurunan angka penjualan elektronik secara umum.

Pasar sedang Lesu, Pegusaha Elektronik Genjot lewat Pameran
surya/sugiharto
Pramuniaga mendemokan televisi LED yang dipamerkan di pameran elektronik yang digelar UFO elektronik di Atrium Tunjungan Plasa III Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA- Melambatnya konsumsi masyarakat berimbas pada penurunan angka penjualan elektronik secara umum. Hal itu membuat toko elektronik harus kreatif untuk menggaet konsumen lebih banyak lagi.

"Penjualan memang sedang turun. Secara umum sekitar 5 persen. Karena itu kami ada event pameran setahun dua kali," kata Poedji Harixon, owner dari UFO Elektronic, di sela pameran di atrium Tunjungan Plaza III, Jumat (1/12/2017).

Lewat pameran, diakui Poedji mampu meningkatkan penjualan hingga 15 persen. UFO dalam setahun, ada dua kali event pameran di mal.

Langkah ini dianggap cukup efektif, karena bisa menarik konsumen baru yang biasanya sudah ada keinginan membeli elektronik tapi belum bisa atau sempat datang ke toko elektronik.

"Selain itu, dalam pameran kami pasti ada promo. Bekerjasama dengan perbankan untuk promo pakai kartu kredit, hingga leasing atau pembiayaan," jelas Poedji.

Event pameran UFO Elektronic dalam setahun digelar di bulan Mei dan akhir November atau awal Desember.

Bulan Mei digelar untuk mengikuti event Surabaya Shopping Festival dalam rangka HUT Kota Surabaya.

Sedangkan menjelang akhir tahun, untuk membidik konsumen menjelang libur natal dan tahun baru.

Untuk pameran kali ini, Poedji mentargetkan ada penjualan hingga 1.000 unit untuk televisi. Pameran dimulai Rabu (29/11/2017) hingga Minggu (3/11/2017).

"Saat ini elektronik yang penjualannya besar masih televisi. Sekitar 40 persen. Karena itu selama pameran untuk televisi yang paling banyak," jelas Poedji.

Selain televisi, elektronik yang dipamerkan meliputi lemari es, mesin cuci, Air Conditioner (AC) dan peralatan rumah tangga, seperti dispenser, magic com, dan sejenisnya.

Poedji juga menambahkan, saat ini pihaknya juga menyediakan smartphone. Sudah ada tiga brand smartphone yang mereka jual di UFO Elektronic. Yaitu Samsung, Oppo, dan Vivo.

"Kontribusi smartphone di kami masih kecil dibanding elektronik. Baru 5 persen. Tapi trend-nya terus mengalami peningkatan," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Poedji juga menyebutkan, selain pameran, UFO juga agresif menjual produk elektronik melalui e-commerce. Antara lain, Lazada, Bulalapak dan lainnya. Pihaknya juga menyediakan aplikasi tersendiri.

"Kami tetap sediakan fasilitas penjualan online. Meski sudah ikut dalam e-commerce. Penjualan via online masih kecil, tapi trendnya semakin meningkat," tandas Poedji.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help