Surya/

Citizen Reporter

Ketika Oksana Belajar Memanah …

sembari bersila, busur pun ditarik luwes namun penuh tenaga, dan anak panah pun melesat tepat mengenai sasaran ...

Ketika Oksana Belajar Memanah …
abdul kholiq/citizen reporter
Oksana memanah 

Reportase Abdul Kholiq
Guru SMP Muhammadiyah 9 Surabaya

"This amazing, wow...wow...wow...," pekik Oksana, mahasiswa asal Ukraina, usai menarik busur panah membidik sasaran sembari bersila.

DENGAN bantuan pelatih, Oksana (24), mencoba olahraga jemparingan di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya, Kamis (23/11/2017).

Jemparingan, olahraga semacam panahan. Bedanya, jemparingan dilakukan dengan posisi duduk bersila. Sementara, olahraga panahan pada umumnya dilakukan sambil berdiri.

Kepala SMP Muhammadiyah 9 Surabaya, Imam Sapari SHI MPdI, mengatakan, eksistensi jemparingan semakin menjamur, mengingat  bukan hanya berfungsi untuk latihan fisik namun juga latihan jiwa.

"Jemparingan merupakan bagian dari ekstrakurikuler kami," kata Imam sembari menambahkan, sasaran bidiknya pun berbeda dengan panahan.

"Kalau sasaran panahan kan seperti papan nilai yang berbentuk lingkaran. Kalau jemparingan, sasaran benda," tukasnya.

Tidak kalah menarik, Oksana yang juga mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini berdecak kagum pada keindahan kaligrafi hasil karya para siswa SMP Muhammadiyah 9 Surabaya.

Saat praktik menulis kaligrafi pun Oksana merasa surprise. "Very wonderful. The first time, i write like this," serunya.

"Hal itu dilakukan semata-mata untuk mengenalkan Islam. Bahwa tulisan Arab, memiliki nilai seni tinggi. Dan buktinya ia sangat tertarik," ungkap Imam.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help