Surya/

Citizen Reporter

Dielus Gemulainya Kikil Sapi Madekan

kikil memang kuliner juara di Jawa Timur .. tapi bagaimana rasanya dielus kikil sapi gemulai? nah, itu bedanya kikil sapi Madekan ini ...

Dielus Gemulainya Kikil Sapi Madekan
nur afifah rosyida/citizen reporter
Kikil sapi gemulai 

Reportase Nur Afifah Rosyida
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

 

BICARA kuliner di Sidoarjo memang tak ada habisnya. Salah satunya adalah kikil sapi Pak Madekan, yang ada di Jalan Raya Sepanjang Tani 2 Sepanjang, Taman, Sidoarjo.

Dirintis oleh Madekan di tahun 1960an, yang kemudian diteruskan istrinya, ketika Madekan  wafat. Tahun 2008 warung kikil kikil ini diserahkan ke Novianto, putra dari Pak Madekan.

Warung kikil sapi Madekan ini terbilang cukup sederhana. Hanya bermodalkan trotoar di pinggir jalan yang dilengkapi dengan meja berbentuk U untuk tempat duduk pengudap. Toh, kondisi itu tak membuat sepi penggunjung. Setiap jam istirahat kantor warung kikil justru semakin ramai.

Dalam satu mangkuk, ada kikil gemulai lunak, kuah gurih bersantan dan beberapa potong ketupat. Hal ini menjadikan kikil sapi Madekan senantiasa dicari penggunjung.

Kikil yang gemulai di mulut terperosot dari gigi geraham kanan dan kiri, digelontor kuah yang tajam dan gurih. Wajib ditambahkan kecap manis, sambal dan perasan jeruk nipis agar kenikmatan yang sempurna sukses menggoyang lidah. Tak perlu waktu lama hanya 10 menit untuk menghabiskan semangkok sup kikil ini.

Selain sup kikil gemulai, ada menu favorit lain yang sering dicari pengunjung, yaitu sup sum-sum tulang.

“Yang membedakan dari sup kikil lain dengan di sini yaitu kikilnya benar-benar lunak, sekali gigit bikin nambah, apalagi kuahnya yang khas, bumbunya benar-benar meresap, semua orang pasti ingin mencicipinya,” ujar Agus yang mengaku pelanggan setia sup kikil gemulai Madekan.

Penasaran? Coba saja ke warung sup kikil gemulai Madekan yang buka siang hari sampai larut malam ini.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help