Surya/

Bisnis

Citibank Bidik Nasabah Premium

Citibank berupaya mendongkrak kinerjanya dengan membidik nasabah premium. Seperti ini caranya...

Citibank Bidik Nasabah Premium
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia (ketiga dari kiri) saat pembukaan kantor cabang Citibank Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di tengah pertumbuhan ekonomi yang melambat, Citibank NA Indonesia atau Citibank tetap optimis mencatatkan kinerja yang tumbuh positif.

Salah satu yang dibidik untuk mendorong peningkatan kinerjanya, adalah nasabah premium yang biasa disebut Citigold. 

"Tahun 2018 kami ada target pertumbuhan yang optimis. Salah satunya dari nasabah Citigold," jelas Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia usai peresmian relokasi kantor cabang Surabaya, Jumat (1/12/2017).

Salah satu upayan menggaet nasabah Citigold ini adalah dengan meluncurkan produk Citigold On Your Terms, berupa Citigold wealth management atau pengelolaan keuangan.

Menurut Batara, dengan produk baru ini, pihaknya mentargetkan pertumbuhan nasabah Citigold hingga 15 persen di tahun 2018.

Hal itu terlihat dari respon positif nasabah saat diluncurkan di Jakarta, Bandung, dan Medan, pada beberapa waktu yang lalu. Selanjutnya, Surabaya sebagai kota besar kedua, juga memberi kontribusi yang besar pada Citibank.

Sehingga bersamaan dengan peresmian kantor layanan baru, produk ini juga mulai dikenalkan ke nasabah Citigold di Surabaya.

Hingga saat ini jumlah nasabah Citigold telah mencapai 10.000 nasabah. Sekitar 10 persen merupakan nasabah berasal dari Surabaya. Secara total nasional nasabah Citibank telah mencapai 80.000 nasabah.

"Kami cukup agresif untuk menggarap pasar investasi (Citigold) apalagi melihat data nasabah kami, orang Surabaya itu sudah melek investasi," tambah Batara.

Retail Bank Head Citi Indonesia, Harsya Prasetyo menambahkan nasabah Surabaya kebanyakan memilih investasi melalui produk reksadana, disusul obligasi, global bonds, pasar uang dan terakhir asuransi.

"Reksadana ini paling banyak diminati nasabah dan mereka kebanyakan memang sudah melek investasi. Sedangkan obligasi juga cukup bagus peminatnya ini karena dorongan pemerintah yang memperkenalkan obligasi baik Obligasi Ritel Indonesia (ORI) maupun sukuk ritel," jelas Harsya.

Saat ini, sekitar 40 persen dana tiap nasabah masuk dalam produk investasi. Sedangkan dari total nasabah di Surabaya sebanyak 66 persen nasabah memiliki produk investasi, 30 persen memiliki produk asuransi dan sisanya berbagai macam produk perbankan.

Citibank N.A Indonesia mencatatkan kinerja yang positif pada kuartal III/2017 yakni telah memperoleh laba Rp2 triliun atau naik 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni Rp 1,9 triliun. Sedangkan total aset pada periode tersebut juga meningkat 9,4 persen menjadi Rp 80,5 triliun. Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 4,2 persen menjadi Rp54,7 triliun, di mana posisi giro tabungan mencapai 70 persen dari total seluruh DPK.

Director Sales and Distribution Head Citibank, Sri Yuanita Mukti menambahkan kantor cabang Citibank di Surabaya saat ini sudah mampu meng-cover sekitar 26 kota/kabupaten di Jawa Timur.

"Bahkan Surabaya juga menjadi hub nya wilayah timur karena kami juga sudah meng-cover nasabah-nasabah kami di timur seperti Makassar dan Papua," tandas Sri Yuanita.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help