Press Release

Sikapi Perppu Ormas, Permahi Surabaya Gelar Diskusi Publik

Menyikapi kontroversial seputar Perppu Ormas, Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) DPC Surabaya menggelar Diskusi Publik

Sikapi Perppu Ormas, Permahi Surabaya Gelar Diskusi Publik
ist
Pembukaan Diskusi Publik yang digelar Permahi DPC Surabaya, Kamis (30/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) DPC Surabaya menggelar Diskusi Publik bertema "Pasca Disahkannya Perppu No 2 Tahun 2017 Atas Perubahan Undang- Undang No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-undang Oleh DPR”, Kamis (30/11/2017).

Hadir sebagai narasumber dalam diskusi tersebut : Anggota DPRD Jatim K.H. Muzammil Syafii ; Ketua Ormas GRIB Jawa Timur, Abdul Salam ; serta akademisi Siti Marwiyah.

“Bahwa Sebetulnya persoalan ini adalah persoalan kecil, penerbitan perppu ini harus memenuhi syarat bahwa Negara harus dalam keadaan ikhwal yang memaksa, walaupun memang penerbitan perppu adalah kewenangan sang presiden,” kata Ketua AP- HTN Jatim Siti Marwiyah.

Siti Marwiyah mempersilakan kalangan minoritas yang merasa dirugikan oleh kehadiran Perppu tersebut untuk mengajukan uji materil ke mahkamah Konstitusi

Abdul Salam, ketua Ormas GRIB Jawa Timur, mengatakan bahwa Perppu Ormas tidak diperlukan. Yang diperlukan justru adalah upaya memperkuat UU 17/2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. 

Dengan demikian, pemerintah tak menjadi seolah-olah takut terhadap banyaknya aliran yang disinyalir merongrong ideologi bangsa. 

“Untuk kalangan minoritas hal ini sangat tidak adil karena berkicau hanya masalah minoritas yang katanya mau mendirikan negara islam,” tuturnya

K.H Muzammil Syafii menyampaikan bahwa pembahasan perppu ini harus secara komprehensif.

Hal ini karena kajian tersebut akan memberikan pembelajaran bagi semua kalangan terkait isu yang berkembang di masyarakat

Kegiatan yang bertempat di Café LJR tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai mahasiswa Hukum dari berbagai Universitas Se-Surabaya hingga para Alumni Permahi DPC Surabaya.

Yudo Adianto Salim, Ketua Permahi DPC Surabaya menyampaikan bahwa diskusi ini merupakan media untuk mengupas tuntas fenomena Perppu Ormas dari berbagai perspektif.

“Dengan diadakannya kegiatan ini dapat memperkaya wawasan kita khususnya wawasan di bidang hukum,” ujarnya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved