Pemprov Jatim

Dicari 1.500 Guru Ngaji Dikuliahkan Gratis, Siapa Mau?

Mereka para guru Ngaji baik di Pondok Pesantren maupun di madrasah diniyah (madin) berhak atas jenjang sarjaa (S1) ini.

Dicari 1.500 Guru Ngaji Dikuliahkan Gratis, Siapa Mau?
surya/sulvi sofiana
Sejumlah guru ngaji mengikuti sosialisasi terkait pencairan transpor di Convention Hall Surabaya, Rabu (20/4/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemprov Jatim saat ini mencari sekitar 1.500 guru ngaji untuk dikuliahkan gratis. Mereka para guru Ngaji baik di Pondok Pesantren maupun di madrasah diniyah (madin) berhak atas jenjang sarjaa (S1) ini.

"Kami akan menyeleksi dan menguliahkan para guru Ngaji seluruh Jatim. Tahun ini kuota sudah terisi dan akan diisi kembali tahun 2018," kata Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Bawon Adhi, Jumat (24/11/2017).

Bulan ini baru saja menyelesaikan kuota guru mengaji yang dikuliahkan S1. Bahkan kemarin sebanyak 1.035 guru Ngaji sudah mengikuti kuliah perdana bersama Gubernur Jatim Soekarwo.

Para guru Ngaji dari Surabaya, Banyuwngi, Jember, Ngawi, Tuban, hingga Madura itu mengikuti kuliah umum bersama Pakde Karwo. Tradisi kuliah umum bersama Gubernur dua periode ini selalu digelar.

Karena Pakde Karwo lah saat ini ada total target 10.952 guru Ngaji yang dikuliahkan gratis. Program pendiidkan S1 khusus guru ngaji di Ponpes dan diniyah itu akan berlanjut 2018.

"Saya tidak menyangka bisa kuliah karena saya hanya lulusan Ponpes," ucap Muhammad Amin, asal Pasuruan saat ditemui kemarin.

Sebagiamana data yang disampaika Biro Kesejahteraan Sosial Pemprov Jatim, total ada 10.952 guru ngaji yang akan dikuliahkan gratis. Program ini dijalankan sejak Pakde Karwo menjabat.

Amin mengaku senang tidak saja berhak mengikuti perlkuliahan namun dia akan menyandang gelar sarjana.

"Saya lulusan Ponpes Sarang Jateng. Saya tidak pernah sekolah umum," kata Amin.

Ribuan guru Ngaji saat ini ada yang Sudah lulus dan ada yang masih menyelesaikan S1 program guru Ngaji itu.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help