Surya/

Berita Banyuwangi

Bupati Anas Instruksikan Kepala Desa Buat Perdes Kendalikan Tata Ruang Wilayah

Hal ini dilakukan agar lingkungan tetap tertata dengan baik seiring dengan perkembangan ekonomi di Banyuwangi.

Bupati Anas Instruksikan Kepala Desa Buat Perdes Kendalikan Tata Ruang Wilayah
surya/haorrahman
Bupati Anas saat bertemu dengan 34 kepala desa yang berada di wilayah Kecamatan Kabat, Rogojampi, dan Blimbingsari, di Balai Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, Kamis (23/11/2017). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menginstruksikan kepala desa untuk ikut mengatur tata ruang wilayah.

Hal ini dilakukan agar lingkungan tetap tertata dengan baik seiring dengan perkembangan ekonomi di Banyuwangi.

Itu disampaikan saat menggelar pertemuan dengan 34 kepala desa yang berada di wilayah Kecamatan Kabat, Rogojampi, dan Blimbingsari, di Balai Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, Kamis (23/11/2017).

Anas mengatakan pertemuan dengan sejumlah kepala desa yang sekitar perkotaan karena tiga wilayah ini menjadi salah satu pintu masuk menuju kota Banyuwangi.

Untuk itu, lanjut dia, tata ruang tiga kawasan ini perlu dijaga.

“Pengembangan Banyuwangi ke depan akan menyentuh tiga kecamatan ini. Untuk itu, tiga wilayah ini harus siap menjadi back-up pengembangan kota. Saya ingin agar pembangunannya tidak dilakukan sembarangan. Kawasan harus dijaga agar tidak rusak, semua harus ditata,” kata Anas.

Salah satu cara untuk melakukan tata ruang, kata Anas, desa bisa membuat peraturan desa (perdes) tata ruang.

Perdes ini sebagai langkah antisipatif agar pembangunan di kawasan desa bisa terkontrol.

“Bangunan-bangunan ditata, harus mundur 5-10 meter dari jalan protokol. Alih fungsi lahan harus dijaga, jangan seenaknya dirubah. Jangan sampai setelah tata ruang kawasan rusak baru ditata, dibuat perdesnya, akan sulit dilakukan,” ujar Anas.

Sebagai wilayah pengembangan kota, Anas juga meminta kepada kepala desa di tiga wilayah tersebut untuk membuat desa wisata.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help