Berita Surabaya

11 Tahun Tak Jelas Nasibnya, Ratusan Pedagang Pasar Turi Wadul PWNU Jatim, begini Harapannya

Ratusah pedagang mendatangi kantor ormas Islam terbesar yang berlokasi di seberang Kawasan Majid Agung AL Akbar Surabaya.

11 Tahun Tak Jelas Nasibnya, Ratusan Pedagang Pasar Turi Wadul PWNU Jatim, begini Harapannya
surya/nurani faiq
WADUL - Para pedagang Pasar Turi laporan nasib mereka ke PWNU Jatim, Rabu (22/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebelas tahun berada di penampungan hingga tidak jelas nasib mereka, seratusan perwakilan pedagang pasar turi lama mengadu ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.

Rabu (22/11/2017), mereka mendatangi kantor ormas Islam terbesar yang berlokasi di seberang Kawasan Majid Agung AL Akbar Surabaya. Para kelompok Pedagang Pasar Turi Surabaya itu meminta dukungan dan bantuan hukum atas proses hukum mereka.

"Pedagang Pasar Turi kebanyakan adalah nahdhliyin. Kami mengadu ke PWNU atas kezaliman pengembang Pasar Turi kepada kami," ucap Ketua Himpunan Pedagang Pasar Turi (HPP) Muh Taufiq Aljufri.

Taufik bersama seratus pedagang mengadukan nasib mereka termasuk masalah hukum dengan Henri J Gunawan pemilik PT Gala Bumi Perkasa (GBP) sebagai pengelola.

Mereka mengaku tak kunjung mendapat hak-haknya meski sudah melunasi berbagai pembayaran yang dituntut PT GBP demi mendapat stan tempat berjualan di Pasar Turi. Namun banyak pedagang baru masuk.

Pedagang lama telah telah melunasi biaya kepada PT GBP.

Ada iuran strata title, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Perjanjian Pengikat Jual Beli (PPJB), bunga, hingga denda.

Rata-rata pedagang telah mengeluarkan biaya selama ini rata-rata Rp 300 juta. Namun hak atas stan di Pasar Turi belum dipenuhi. Total pedagang ada ribuan.

"Kami tetap berada di penampungan. Gedung Pasar Turi sudah jadi tapi tak layak kami tempati. Tak setara dengan biaya yang sudah kami keluarkan. Belum lagi kami dibebani PPN tapi pajak itu tak disetorkan," tuding Taufik.

Di hadapan Ketua PWNU KH Mutawakkil Alallah, mereka mengadukan pungutan yang memberatkan. Hingga berita ini ditulis Belum ada tanggapan dan konfirmasi dari pengelola Pasar Turi PT Gala Bumi.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved