Surya/

Berita Pendidikan Surabaya

Surabaya Tegaskan SMP-SMA/SMK kembali UNBK 100 Persen, 4 Opsi ini Pertimbangannya

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Ikhsan mengungkapkan UNBK sudah persiapan simulasi dan pembagian ke sub rayonnya.

Surabaya Tegaskan SMP-SMA/SMK kembali UNBK 100 Persen, 4 Opsi ini Pertimbangannya
SURYA.co.id/Dya Ayu
Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, M Ikhsan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Baru juga menginjak semester genap, sekolah mulai mempersiapkan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Seperti tahun lalu, UNBK SMP, SMA dan SMK di Kota Surabaya telah dilaksanakan 100 persen. Meskipun beberapa sekolah masih kesulitan memenuhi sarana prasarana.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Ikhsan mengungkapkan UNBK sudah persiapan simulasi dan pembagian ke sub rayonnya untuk mengatasi kendala yang sebelumnya belum tuntas.

"Ada juga program pengadaan komputer ke sekolah-sekolah. Makanya ada yang lebih banyak yang mandiri tahun ini," ungkapnya ketika dikonfirmasi SURYA co.id, Selasa (20/11/2017).

Dikatakannya, Surabaya sejak awal sudah 100 persen UNBK. Tahun ini juga demikian, pihaknya memakai empat opsi seperti tahun-tahun sebelumnya untuk membantu pelaksanaan UNBK.

"Di pusat juga polanya sama seperti di Surabaya," ujarnya.

Kalaupun tahun ini ada pengadaan komputer secara mandiri di sekolah. Ia menegaskan hal ini diperkenankan asalkan sudah disepakati komite dan bersifat transparan.

"Sewa komputer juga boleh pakai anggaran BOS. Pakai dana orang tua juga nggak masaah asal komite setuju dan ikhlas," pungkasnya.

Sedang Kepala Dindik Jatim Saiful Rachman mengatakan, tahun ajaran 2016/2017 lalu di Jatim sebanyak 12 lembaga SMA masih menyelenggarakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil. Lembaga ini berada di wilayah kepulauan. Sementara, jenjang SMK telah 100 persen UNBK sama halnya dengan SMA di Kota Surabaya.

“Tahun ajaran 2017/2018 ini akan 100 persen UNBK,” jelasnya .

Dia mengungkapkan, sekitar 4.000 ribu paket komputer dibagikan ke SMA/SMK untuk menunjang pelaksanaan UNBK. Termasuk bagi 12 SMA di wilayah Kepulauan Sumenep. Mereka diberi sarana dan prasarana agar tahun depan bisa UNBK. Disinggung kesiapan jaringan, Saiful mengaku akan menggunakan satelit.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help