Berita Pendidikan Surabaya

Ratusan Guru Surabaya Pamer Kreativitas, Hernawati Tampilkan Rumah Matematika dari Barang Bekas

Hernawati Listiorini salah satunya, guru SD Al Irsyad ini menampilkan media pembelajaran rumah matematika dibuatnya sebulan lalu.

Ratusan Guru Surabaya Pamer Kreativitas, Hernawati Tampilkan Rumah Matematika dari Barang Bekas
surya/sulvi sofiana
GURU KREATIF - Guru SD Al Irsyad saat memamerkan media pembelajaran Rumah Metematika dalam Apresiasi Guru 2017 di Convention hall, Selasa (21/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ratusan guru memamerkan kreativitas dan inovasi pembelajaran dalam Apresiasi Guru 2017 di Convention hall, Selasa (21/11/2017).

Mereka menyajikan poster berbagai model dan media pembelajaran diterapkan di sekolahnya.

Hernawati Listiorini salah satunya, guru SD Al Irsyad ini menampilkan media pembelajaran rumah matematika yang dibuatnya sebulan lalu.

Berawal dari ditunjuk sebavai perwakilan sekolah, Herna membuat media pembelajaran berupa konversi satuan untuk siswa di kelas 4.

"Ternyata anak-anak suka, dan mereka meminta mengular pelajaran saat di kelas kecil. Jadinya saya mencoba merangkai berbagai materi menjadi bentuk rumah matematika," ujarnya.

Ia pun mengumpulkan berbagai tutup botol bekas di sekolah. Juga tutup botol galon dan berbagai bahan bekas lainnya. Ia mengubah tutup botol menjadi atap rumah yang ditempeli berbagai macam angka.

"Merangkainya juga dibantuin anak-anak. Ini modalnya sedikit, karena saya ingin mengajarkan anak-anak untuk bisa memanfaatkan bahan bekas juga," jelasnya.

Ia menerangkan rumah matematika yang dibuatnya berisi 6 pokok bahasan yang berbeda. Untuk kelas 1 terdapat pembahasan menghafal fakta perkalian hingga 20 dari atap rumah yang terbuat dari tutup botol yang diberi angka. Serta menentukan bangun ruang dari pohon rumah.

Sementara kelas 2 menghafal fakta perkalian hingga 100 dan menentukan nilai tempat ratusan dan puluhan yang ada di dinding rumah.

"Kelas 3 mengenal bangun datar dan sifat-sifatnya melalui dinding rumah. Sedangkan Kelas 4 menentukan konversi satuan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help