Kecantikan

Tanda Lahir Bikin Tak Percaya Diri? Ini Teknologi Untuk Menghapusnya

Tanda lahir bikin anda tidak percaya diri? Ingin menghilangkannya? Teknologi yang satu ini bisa anda pertimbangkan untuk dicoba.

Tanda Lahir Bikin Tak Percaya Diri? Ini Teknologi Untuk Menghapusnya
surabaya.tribunnews.com/achmad pramudito
Proses penyinaran dengan teknologi Q Switch Nd YAG bisa diterapkan untuk menghilangkan tanda lahir maupun tato. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tanda lahir seringkali menyebabkan beberapa orang, khususnya kaum Hawa, tampil tak percaya diri. 

Maka berbagai upaya dilakukan agar si tanda lahir ini lenyap dan wajah menjadi menarik.

Yang belakangan sedang tren adalah treatment menggunakan teknologi Q Switch Nd YAG. Namun, untuk menjalani terapi ini perlu dilakuan diagnosa lebih dulu untuk mengetahui riwayat tanda lahir tersebut.

Sebab bila tanda lahir itu merupakan kelainan bawaan sejak lahir, maka ketika seseorang makin dewasa tanda lahir itu pun akan mengikuti pertumbuhan kulit yang makin membesar.

Biasanya kelainan bawaan ini berwarna biru dan abu-abu atau beruba titik-titik. Dan untuk melakukan treatment pada tanda lahir ini juga perlu melihat ketajaman dan luas area tanda lahir tersebut.

Selain tanda lahir, terapi ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan tato.

Seperti treatment untuk tanda lahir, pemilik tato juga harus lebih dulu menjalani diagnosa untuk mengetahui seberapa dalam warna yang ‘ditanamkan’ di kulit tubuh.

Perlu diketahui oleh pasien yang menjalani terapi ini, treatment Q Switch Nd YAG bakal menimbulkan efek samping yaitu berupa bekas merah.

“Tapi itu sifatnya sementara,” kata dr Renata Prameswari SpKK dari Skin A Clinic.

Ada pun pantangan yang harus dihindari usai menjalani terapi ini adalah paparan sinar matahari. Karena itu, bagi pasien yang mendapatkan treatment ini sebaiknya menggunakan sunblock saat keluar rumah untuk menghindari efek UV.

Selain itu, menurut wanita yang akrab disapa dengan nama Nena ini, pasien juga akan mendapatkan ‘post treatment cream’. “Fungsinya sebagai pelembab,” katanya.

Ditekankan Nena, terapi Q Switch Nd YAG ini bisa diterapkan bagi pasien pria maupun wanita. Ada pun untuk mendapat hasil maksimal proses terapi minimal dilakukan selama 3-4 kali.

Untuk setiap terapi, pasien menjalani penyinaran selama 30 menit hingga 1 jam. “Yang sulit dihilangkan adalah warna merah, biru, dan hijau,” ujar Nena.

Sedang warna hitam dan abu-abu relatif lebih mudah. “Tapi itu pun tidak bisa total. Bekasnya pasti masih tampak meski tidak terlalu menyolok,” ungkap lulusan Fakultas Kedokteran dari Universitas Airlangga ini. 

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved