Berita Surabaya

Serapan Anggaran Rendah, Pemkot Sebut Hal ini Kendalanya

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Eri Cahyadi mengakui serapan anggaran di dinasnya belum sampai separo.

Serapan Anggaran Rendah, Pemkot Sebut Hal ini Kendalanya
surya/Fatimatuz Zahro
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Eri Cahyadi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Rendahnya serapan anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) ditanggapi oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Eri Cahyadi mengakui serapan anggaran di dinasnya belum sampai separo.

Dari total anggaran belanja di tahun 2017 senilai Rp 903,3 miliar, yang terserap hingga akhir Oktober, baru 41,6 persen. Namun dikatakan Eri, saat ini serapan anggarannya sudah 45 persen.

Sejumlah proyek besar di dinas ini seperti pembangunan kantor kelurahan dan kecamatan, gedung sekolah, hingga progek multitahun Balai Pemuda.

Namun dikatakan Eri, serapan anggaran yang masih belum banyak adalah pavingisasi di pemukiman.

Banyak proyek yang ditolak atau dikerjakan ulang lantaran tak sesuai dengan spesifikasi Pemkot.

"Proyek pavingisasi ini adalah proyek limpahan. Namun kita sedang kerjakan semua saat ini. Banyak yang sudah jalan, tapi kita ketatkan pengawasan sehingga tak kami bayar sebelum pengawasan kualitas proyek benar-benar tercek," kata Eri, Senin (20/11/2017).

Lebih lanjut disampaikan Eri, untuk proyek pembuatan paving, satu persen saja tidak sesuai akan langsung diminta mengulang atau diperbaiki kontraktor dan proyek tidak akan dibayar oleh Pemkot.

Selain itu, Eri menyebutkan bahwa pavingisasi tergolong proyek yang lama. Bahkan mulai pengerjaan proyeknya dilakukan lebih dari tengah tahun.

"Karena kebanyakan adalah jasmas. Banyak lokasi yang baru kita ketahui titiknya di tengah tahun, sehingga mengerjakannya juga lama akhirnya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help