Surya/

Berita Banyuwangi

Kian Lengkap, di Mal ‎Pelayanan Publik Banyuwangi juga Melayani Ijab Kabul

Mal Pelayanan Publik juga melayani prosesi pernikahan. Disediakan bilik nikah, bagi warga yang ingin menikah secara gratis.

Kian Lengkap, di Mal ‎Pelayanan Publik Banyuwangi juga Melayani Ijab Kabul
surya/haorrahman
Layanan prosesi pernikahan di bilik nikah Mal Pelayanan Publik Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pelayanan satu atap Mal Pelayanan Publik, Banyuwangi, kini kian lengkap. Selain melayani segala macam bentuk administrasi, Mal Pelayanan Publik juga melayani administrasi pernikahan, bahkan hingga ijab kabul.

Mal Pelayanan Publik juga melayani prosesi pernikahan. Disediakan bilik nikah, bagi warga yang ingin menikah secara gratis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Djafri Yusuf, mengatakan, kerjasama terkait prosesi nikah dengan Kemenag ini semakin melengkapi layanan yang ada di Mal Pelayanan Publik.

“Setelah sebelumnya Kemenag juga memberikan layanan di Mal Pelayanan Publik ini berupa pengurusan nikah, pengurusan menjadi muallaf, pengurusan wakaf, pelayanan haji dan umrah, kini sudah ada layanan prosesi nikah di Mal Pelayanan Publik. Ini semakin melengkapi layanan di sini,” kata Djafri, Senin (20/11/2017).

‎Djafri mengatakan layanan di Mal Pelayanan Publik, telah connect dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga orang daftar nikah, begitu di-klik NIK-nya, data langsung keluar, termasuk statusnya.

"Kalau dari Kemenag bisa langsung mengeluarkan kutipan akta nikah saat itu juga, maka di waktu yang sama, masyarakat bisa langsung merubah statusnya di sini, dari tidak kawin menjadi kawin,” kata Djafri.

‎Bahkan menurut Djafri, sudah ada pasangan yang telah melangsungkan prosesi pernikahan di Mal Pelayanan Publik tersebut.

Menikah di Mal Pelayanan Publik, selain menghemat waktu, pengurusan surat-surat yang berkaitan dengan perubahan status dari ‘belum menikah’ menjadi ‘menikah’ bisa dilakukan saat itu juga dan di tempat yang sama.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan, Pemkab Banyuwangi terus memperkuat pelayanan publik.

"Kami sudah siapkan bilik nikah. Ini kian melengkapi layanan di Mal Pelayanan Publik," kata Anas.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help