Berita Bisnis

'Inflasi Sangat Berpengaruh pada Kondisi Ekonomi dan Kesejahteraan Sebuah Negara'

Antara lain inflasi dari kenaikan harga bahan makanan, bisa menambah angka masyarakat miskin.

'Inflasi Sangat Berpengaruh pada Kondisi Ekonomi dan Kesejahteraan Sebuah Negara'
surya/sri lestarie
Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Menko Bidang Perekonomian RI, saat memberikan materi dalam kegiatan pelatihan wartawan daerah BI, Senin (20/11/2017). 

SURYA.co.id | JAKARTA - Pemerintah selalu menjaga inflasi. Termasuk dengan langkah membentuk Tim Pengendali Inflasi (TPI) Pusat maupun TPI daerah (TPID).

Menurut Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Menko Bidang Perekonomian RI, inflasi sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi dan kesejahteraan sebuah negara.

"Antara lain inflasi dari kenaikan harga bahan makanan, bisa menambah angka masyarakat miskin. Kenaikan 1 persen saja bisa menaikkan jumlah masyarakat yang ada di garis angka kemiskinan menjadi dibawah garis angka kemiskinan sebanyak 120.000 masyarakat," jelas Iskandar saat memberi materi bertema Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Sharing Pengendalian Inflasi oleh Kepala Daerah di Jakarta, Senin (20/11/2017) dalam pelatihan BI bagi wartawan daerah.

Selain angka kemiskinan, kebaikan inflasi juga mempengaruhi investasi.

Karena kenaikan 1 persen inflasi, bisa menaikkan beban bunga SBN (Surat Berharga Negara) sebesar Rp 300 miliar.

Karena itulah TPI dan TPID itu harus bekerja keras dalam menjaga inflasi agar stabil.

Saat ini inflasi di Indonesia dalam dua tahun berakhir masih di kisaran angka 3 persen.

"Saat ini tercatat, yang menyumbang bertambahnya angka kemiskinan di Indonesia 21 persen adalah bahan pokok beras. Selanjutnya 11 persen adalah harga rokok," tambah Iskandar yang juga menjabat sebagai sekretaris TPI Pusat tersebut.

Iskandar tampil setelah Ganjar Pranowo, Gubenur Jateng terkait upayanya menjaga inflasi daerah, serta Yoga Affandi, Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, dan Lana Soelistyoningnsih, Pengamat Ekonomi Samuel Sekuritas.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved