Surya/

Lapor Cak

PDAM Surya Sembada Layani Pelanggan via Aplikasi Android, Pantau Pemakaian Air Kian Mudah

PDAM Surya Sembada Surabaya memiliki aplikasi Android yang memudahkan pelanggan lebih mudah memantau meteran penggunaan air dan tagihan.

PDAM Surya Sembada Layani Pelanggan via Aplikasi Android,  Pantau Pemakaian Air Kian Mudah
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Warga bisa memanfaatkan ponsel berbasis Android untuk cek tagihan langganan PDAM dengan mengunduh aplikasi yang sudah tersedia di Playstore, Minggu (19/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kini warga Surabaya akan semakin mudah dalam mendapatkan layanan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada. Sebab memantau meteran penggunaan air dan tagihan rekening air bisa lewat aplikasi android maupun IOS.

Manfaat itu dirasakan benar oleh warga Manukan, Petrus, yang sudah meng-install aplikasi itu dengan informasi melalui media sosial. Ia pun mencoba menggunakan aplikasi ini.

“Sudah coba install, untuk mengecek penggunaan meteran bulan lalu. Karena memang belum bayar ternyata juga bisa,” kata Petrus, Minggu (19/11).

Ia menyebutkan, penggunaan aplikasi ini bermanfaat, khususnya untuk mengkroscek penggunaan air selama periode itu. Sehingga, sebelum bayar tagihan listrik ia tahu seberapa besar penggunaan meteran air.

“Karena saya jarang di rumah, makanya jarang juga ketemu petugas meteran air,” terang Petrus.

Manager Humas dan Arsip PDAM Surya Sembada, Ari Bimo Sakti mengatakan, pengembangan aplikasi untuk layanan pelanggan ini dikembangkan sejak 2014. Namun, versinya terus diperbarui hingga saat ini sudah pembaharuan ketiga.

Aplikasi PDAM Surya Sembada ini bisa diunduh gratis di Playstore. Dengan penyediaan fitur layanan mulai bacameter, tagihan rekening, info grafik statistik penggunaan air, informasi gangguan air, keluhan pelanggan dan layanan pasang baru PDAM.

“Nah untuk versi ketiga ini memang sudah dikembangkan untuk layanan informasi meteran penggunaan air, dan info pembayaran rekning tagihan,” papar Bimo.

Sebab yang sering terjadi di lapangan, petugas meteran air yang berkeliling di rumah pelanggan selalu memberikan struk meteran air. Namun, struk itu tak selalu sampai ke tangan pelanggan.

“Maka agar semakin efektif, kami buat aplikasi untuk cek meteran dan rekening air. Dengan begitu kapan saja pelanggan bisa tahu seberapa banyak konsumsi penggunaan air dan berapa tagihannya,” ucap Bimo.

Keluhan Pelanggan

Tidak hanya itu, dalam fitur statistik penggunaan air yang ada di aplikasi, pelanggan juga dapat mengetahui tren penggunaan air di rumah dalam kurun waktu ke waktu. Sehingga, bisa menganalisa sendiri apakah selama ini terlalu boros menggunakan air atau tidak.

“Semua layanan itu bisa didapatkan pelanggan hanya dengan memasukkan nomor pelanggan PDAM mereka saja, data yang ingin diperoleh bisa dipilih melalui fitur yang tersedia,” terang Bimo.

Untuk mengadukan masalahan keluhan layanan juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini, termasuk mengajukan pasang baru.

"Pelanggan bisa mengunggah foto sebagai bahan pelengkap pengaduan. Pengaduan akan direspon dalam waktu maksimal satu hari," ungkapnya. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help