Berita UMK

Ini Bocoran Besaran UMK 38 Kabupaten Kota di Jatim yang Bakal Ditetapkan Besok

Gubernur Jatim, Soekarwo akan menutuskan besaran UMK di 38 kabupaten Senin (20/11/2027) besok. Ini bocorannya...

Ini Bocoran Besaran UMK 38 Kabupaten Kota di Jatim yang Bakal Ditetapkan Besok
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo akan menutuskan besaran UMK di 38 kabupaten Senin (20/11/2027) besok.

Namun saat ini sudah menyebar besaran UMK yang akan diberlakukan mulai Januari 2018 itu.

Seperti disampaikan Soekarwa sebelumnya bahwa kenaikan UMK di masing-masing kabupaten Kota disesuaikan dengan PP 78/2015 yang mendasarkan kenaikan UMK sesuai laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Kenaikan UMK 8,71 persen adalah angka ideal. Besaran UMK 2018 juga akan mengacu pada besaran ini," kata Pakde Karwo.

Saat ini, Gubernur Jatim telah menetapkan besaran UMK semua kabupaten dan kota ke dalam SK Gubernur 75/2017. Keputusan mengenai besaran UMK itu informasinya juga telah diteken Pakde Karwo pada 17 November 2017.

Rata-rata kenaikan UMK itu di setiap kabupaten kota di kisaran Rp 300.000. Seperti di daerah Ring 1 (Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto) dari Rp 3,2 juta menjadi Rp 3,5 jutaan.

Kepala Disnakertrans Jatim, Setiajit, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Senin besok secara resmi besaran UMK setiap kabupaten dan kota baru diumumkan.

"Tunggu besok lah," kata Setiajit.

Besaran UMK yang telah ditetapkan Gubernur Jatim itu didasarkan pada Dewan Pengupahan Jatim. Namun besaran UMK yang sudah ditetapkan gubernur itu ada yang lebih kecil dari yang diusulkan kabupaten kota.

Bahkan sebelumnya Kabupaten Pasuruan mengusulkan UMK daerahnya Rp 3,8 juta. Namun oleh Gubernur Jatim dikembalikan hingga saat ini sudah ditetapkan besaran UMK seluruh kabupaten kota yang resmi.

Kenaikan 8,71 persen itu juga telah ditetapkan oleh Dewan Pengupahan Jatim. Dewan ini terdiri atas Apindo dan Serikat Buruh.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved