Berita Surabaya

APBD Kota Surabaya 2018 Disahkan Tanpa Bantuan Siswa Miskin SMA/SMK, Begini Respons Dewan

Pemkot dan DPRD mengesahkan plafon anggaran belanja APBD Kota Surabaya tahun 2018, Sabtu (18/11/2017) sore.

APBD Kota Surabaya 2018 Disahkan Tanpa Bantuan Siswa Miskin SMA/SMK, Begini Respons Dewan
surya/fatimatuz zahro
Anggota Komisi D DPRD Surabaya Reni Astuti. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA – Pemkot dan DPRD mengesahkan plafon anggaran belanja APBD Kota Surabaya tahun 2018, Sabtu (18/11/2017) sore.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut, anggaran untuk bantuan sosial (bansos) bagi siswa miskin di jenjang SMA/SMK resmi tidak dianggarkan.

Rencana anggaran senilai Rp 23 miliar yang sempat alot dibahas itu akhirnya dicoret dengan pertimbangan tidak adanya aturan payung hukum.

Menanggapi hal tersebut, anggota Badan Anggaran DPRD Kota Surabaya Reni Astuti menyesalkan hal tersebut.

Dalam rapat banggar terakhir sebelum sidang paripurna, politisi PKS ini mengajukaan interupsi dan menyampaikan kekecewaannya dan menanyakan dimana konistensi komitmen Pemkot untuk membantu siswa miskin di jenjang SMA/SMK.

“Saya pribadi sangat menyesalkan. Di forum banggar tadi saya menyampaikan bahwa saya prihatin, ada dua hal yang saya catat sebagai ketidakkonsistenan Pemkot dalam memberi bantuan untuk siswa miskin Surabaya,” ucapnya pada media.

Pertama, yaitu, sejak tahun 2008 Pemkot sudah mengalokasikan bantuan untuk mahasiswa Surabaya yang tidak mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Dasar yang digunakan dalam memberikan alokasi anggaran itu adalah UU No 12 tahun 2012. Kemudian ditindaklanjuti dengan mengeluarkan Perwali.

“Yang saya sayangkan mengapa aturan yang sama tidak diterapkan analog dengan sistem pembiayaan SMA/SMK yang juga kewenangan Pemerintah Kota,” tukas Reni.

Tidak konsiten menurut Reni atas sikap Pemkot yang kedua adalah sikap Pemkot yang tidak lagi ngotot mengalokasikan anggaran siswa miskin sebagimana dilakukan di akhir tahun 2016 saat mengusun APBD 2017.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved