Berita Pendidikan Surabaya

Siswa SMPK Angelus Custos 1 Surabaya Raih Silver Award Olimpiade Matematika Internasional

Menjadi siswa berprestasi hingga mendapat beasiswa penuh di SMPK Angelus Custos 1 Surabaya merupakan hal yang biasa bagi Samuel (14).

Siswa SMPK Angelus Custos 1 Surabaya Raih Silver Award Olimpiade Matematika Internasional
surya/sulvi sofiana
Samuel memperlihatkan sertifikat dan terofinya. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Menjadi siswa berprestasi hingga mendapat beasiswa penuh di SMPK Angelus Custos 1 Surabaya merupakan hal yang biasa bagi Samuel (14).

Namun, ia sama sekali tidak menyangka akan mampu melewati berbagai kompetisi regional hingga meraih silver award dalam International Teenagers Matematics Olympiad 2017.

Kompetisi ini merupakan kompetisi lanjutan dari Olimpiade Siswa Nasional (OSN) yang digelar melalui berbagai tingkat. Yaitu tingkat kota, provinsi, hingga nasional.

Siswa kelahiran Surabaya, 24 Maret 2003 ini berhasil lolos dalam evaluasi selama karantina dan pelatihan juara OSN Nasional.

Ia dan tujuh siswa lainnya berhasil unggul dalam evaluasi juara OSN yang diikuti 15 siswa.

“Pelatihannya selama sebulan di Bogor sejak Oktober 2017. Ya belajar rutin seperti biasa Matematikanya,” urai siswa berkacamata ini saat ditemui SURYA.co.id, Rabu (16/11/2017).

Ia pun masih ingat sejak 8 hingga 12 November telah bertemu siswa dari berbagai negara yang unggul dalam bidang Matematika.

Totalnya ada 256 peserta dari 16 negara yang ikut dalam kompetisi ini. Kompetisi ini terbagi dari 2 kategori, yaitu kategori individu dan tim.

“Secara individu saya harus mengerjakan 30 soal selama 2 jam,” ujar bungsu 4 bersaudara ini.

Sedangkan saat kompetisi secara tim, ia dan 3 orang anggota tim lainnya harus mengerjakan 10 soal. Agar lebih cepat, mereka membagi tugas untuk masing-masing mengerjakan 2 soal, sedangkan sisanya dikerjakan bersama.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help