Surya/

Berita Pasuruan

Selamatkan Karyawan dari Kecelakaan di Jalan Raya Lewat Save Our Labour

Angka kecelakaan dengan korban pekerja atau karyawan sangat tinggi dibandingkan dengan korban pelajar, PNS, atau TNI/Polri.

Selamatkan Karyawan dari Kecelakaan di Jalan Raya Lewat Save Our Labour
surya/galih lintartika
Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono saat melaunching program SOL dan deklarasi keselamatan berlalu lintas. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, angka kecelakaan dengan korban karyawan swasta di Kabupaten Pasuruan ini cukup tinggi.

Hal itu disampaikannya saat melaunching program Save Our Labour (SOL) dan Deklarasi Keselamatan Berlalu lintas bersama karyawan swasta dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di halaman Mapolres Pasurua , Rabu (15/11/2017) pagi.

Dia mengatakan, dalam hasil rekapan data selama beberapa tahun terakhir, ternyata memang angka kecelakaan dengan korban pekerja atau karyawan sangat tinggi dibandingkan dengan korban pelajar, PNS, atau TNI/Polri.

"Bisa dilihat, tahun ini sudah 612 orang yang meninggal dan semuanya karyawan perusahaan. Ada 190 korban meninggal dan berstatus pelajar," katanya kepada SURYA.co.id usai kegiatan.

Menurut dia, dari angka itu, maka pihaknya membuat program SOL.

Program ini mengedepankan pendidikan dasar dalam berlalu lintas.

Pada prinsipnya, menyelamatkan para karyawan terhindar dari kecelakaan.

"Jadikanlah jalanan sebagai sajadah untuk melancarkan ibadah, bukan jadikan jalanan sebagai lahan kecelakaan," terangnya.

Menurut Raydian, program ini bekerjasama dengan Dinsosnakertrans dan stakeholder terkait.

Intinya memberikan informasi dan menyampaikan safety riding kepada para karyawan di Kabupaten Pasuruan.

Jumlah karyawan di Kabupaten Pasuruan ini sangat banyak, karena memang di sini perusahaannya pun juga sangat banyak.

"Kami ingin menyentuh hati dan emosional karyawan ini, agar mereka menjadi pahlawan untuk dirinya sendiri, keluarga dan orang lain. Bukan pahlawan untuk meninggal dunia. Kami ajak mereka bersama-sama kurangi angka kecelakaan lalu lintas dan kurangi korban meninggal dunia akibat kecelakaan," tambah dia.

Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Erika Putra menambahkan, momentum Hari Pahlawan ini dijadikan penggerak untuk membangkitkan semangat mereka menjadi pahlawan keselamatan.

"Kami ajak mereka untuk tertib berlalu lintas biar tidak menjadi korban kecelakaan. Kami berikan pelatihan safety riding dan pelatihan emosional dalam berkendara. Rencananya, kami akan sosialisasi door to door ke setiap perusahaan. Di sana, kami akan sampaikan tentang pentingnya tertib dalam berlalu lintas," pungkas dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help