Surya/

Berita Surabaya

Seperti Ini Progress Pembangunan Tanggul Laut di Kalianak Surabaya

Saat ini tahapan pembangunan tanggul laut baru pemasangan batu dan kontruksi pondasi tanggul.

Seperti Ini Progress Pembangunan Tanggul Laut di Kalianak Surabaya
surya/fatimatuz zahroh
Progres pengerjaan proyek tanggul laut di Kalianak, Selasa (14/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Program penanganan banjir bukan hanya dilakukan Pemkot Surabaya dengan pembangunan saluran, pengerukan sungai dan juga pemaksimalan rumah pompa.

Namun, Pemkot juga mencoba membuat tanggul untuk mencegah banjir rob yang berasal dari arus balik dari tengah laut yang biasa terjadi di Surabaya utara.

Untuk itu, tahun ini Pemkot Surabaya berencana untuk membangun tanggul laut mulai dari Greges, Kalianak, sampai Tambak Osowilangun dan Romokalisari sepanjang tujuh kilometer.

Tapi, nyatanya, sampai akhir tahun 2017, proyek yang dianggarkan dengan alokasi Rp 30 miliar itu masih minim progres.

Saat Surya mengunjungi lokasi proyek tanggul di Kalianak, tepatnya di lapangan tembak TNI AAL, progress tanggul tersebut baru mencapai 198 meter.

Suharsono, mandor proyek tanggul laut di lapangan, mengatakan saat ini tahapan pembangunan tanggul laut baru pemasangan batu dan kontruksi pondasi tanggul.

"Kalau orang menyebut, ini sedang pemasangan bronjong. Kita gali tanah lalu dipasang pondasi tanggul, lalu dipasang cor dan campuran batu," kata Suharsono.

Selain itu para pekerja saat ini juga menyiapkan lahat untuk pembuatan tanggul dengan pengerukan menggunakan alat berat.

Di sisi lain, para pekerja juga tampak sedang melakukan pembuatan terasering yang dibuat dengan menyusun batu-batu kali berukuran besar yang ditata dalam kawatan jaring yang memanjang.

"Saat ini baru sekitar 198 meter. Nanti masih akan diteruskan sampai satu kilometer," katanya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help