Surya/

Citizen Reporter

Maaf, Apakah Kamu Generasi Strawberi Bro?

layaknya buah strawberi yang indah tapi rapuh, jika diberi sedikit tekanan mudah mengeluh dan kurang tangguh, mirip strawberi yang mudah hancur...

Maaf, Apakah Kamu Generasi Strawberi Bro?
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase Windy A Alicia Putri
Mahasiswa Universitas Negeri Malang

DELAPAN puluh sembilan tahun yang lalu, para pemuda Indonesia berikrar untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Pada masa itu, pemuda juga tengah berjuang untuk memerdekakan negara ini dari para penjajah.

Sangat kontras jika dibandingkan dengan generasi muda sekarang, yang lebih menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang. Tak heran jika generasi muda sekarang dijuluki sebagai Strawberry Generation atau generasi strawberi.

Pemuda masa kini layaknya buah strawberi yang indah tapi rapuh, yang jika diberi tekanan sedikit mudah mengeluh dan kurang tangguh, seperti buah strawberi yang mudah hancur.

Fenomena ini mendorong UKM Penulis bidang penalaran ilmiah mengadakan diskusi ilmiah dengan UKM Penalaran se-Malang Raya, Jumat (27/10/2017), di Kafe Pustaka Universitas Negeri Malang (UM), lewat tema Semangat Sumpah Pemuda dan Generasi Stroberi.

Sejumlah UKM Penalaran yang hadir, UKM Fordimapelar Unmer, UKM Fordi Mapelar UB, UKM PP Polinema, UKM FDI UMM, dan UKM P Unikama, bertemu dalam forum group discussion, berdiskusi dan mencari solusi.

Hasil diskusi tiap kelompok tersebut akan disampaikan dalam forum besar untuk ditanggapi oleh kelompok lain. Diskusi berlangsung kurang lebih tiga jam ini terasa lebih hidup karena latar belakang peserta diskusi yang beragam.

Peserta pada diskusi kali ini saling belajar dalam menyikapi permasalahan generasi muda serta mengingat kembali peran pemuda sejatinya seperti apa. Bahwa penerus bangsa ini tak boleh menjadi generasi stroberi yang rapuh, tidak boleh menjadi generasi yang mudah hancur dan tidak tangguh. Bahwa generasi muda haruslah berintegritas tinggi seperti tidak membudayakan jam karet dan selalu bersikap jujur.

Agenda diskusi ilmiah UKM Penalaran se-Malang Raya seperti ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap bulan di lokasi berbeda. Selain untuk melatih kekritisan serta kepekaan mahasiswa terhadap fenomena-fenomena sosial, juga berfungsi sebagai wadah silahturahmi antar UKM Penalaran se-Malang Raya.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help