advertorial

Ribuan Orang Ikut Senam Massal di Alun-alun Kota Blitar

Luar Biasa! Belasan ribu orang dari berbagai tempat datang ke Blitar untuk ikut senam ini. Apa Istimewanya? Simak yuk.

Ribuan Orang Ikut Senam Massal di Alun-alun Kota Blitar
Surabaya.tribunnews.com/Samsul Hadi
ribuan orang mengikuti senam massal di Alun-alun Kota Blitar, Minggu (12/11). 

SURYA.co.id | BLITAR - Tak kurang dari 12.000 orang mengikuti senam massal di Alun-alun Kota Blitar, Minggu (12/11).

Senam massal yang mayoritas diikuti orang lanjut usia (lansia) itu untuk memperingati Hari Tera Indonesia yang ke 32.

Senam massal berlangsung meriah. Alun-alun Kota Blitar berubah manjadi lautan manusia. Ribuan orang baik laki-laki dan perempuan mengenakan seragam merah putih terlihat antusias mengikuti senam Tera.

Mereka kompak menirukan gerakan dari instruktur yang berdiri di atas panggung kecil di tengah-tengah Alun-alun. Alunan musik yang mengiringi gerakan senam membuat suasana semakin semarak.

"Ini luar biasa, peserta yang hadir jumlahnya ribuan. Perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia," kata salah satu peserta dari Tangerang Selatan, Kusranto.

Dia mengatakan sambutan dari tuan rumah juga luar biasa. Tempat yang disediakan tuan rumah untuk menyelenggarakan senam juga lumayan luas. "Ini patut dicontoh oleh panitia tahun berikutnya," ujarnya.

Usai mengikuti senam, para peserta langsung menyantap kuliner yang disiapkan panitia di lokasi. Panitia menyiapkan kuliner khas Blitar, yakni, es pleret dan nasi pecel. Dalam hitung menit, sekitar 10.000 porsi es pleret langsung ludes.

Ketua Umum DPP Senam Tera Indonesia (STI), Nono Sampurno mengatakan acara peringatan Hari Tera Indonesia di Kota Blitar patut mendapat penghargaan Muri. Ribuan orang dengan seragam merah putih ikut senam secara massal. Menurutnya, senam Tera di Kota Blitar ini paling meriah selama ini.

"Ini hikmah Bung Karno. Senam Tera ini dibentuk pertama Bung Karno pada Mei 1965 di Lemhanas. Senam ini untuk membekali para calon pemimpin bangsa, termasuk Wali Kota Blitar juga alumni Lemhanas," kata Nono.

Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar, yang hadir dalam acara itu mengatakan kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Ini dukungan terhadap gerakan masyarakat sehat. Karena niatnya adalah memotivasi masyarakat untuk hidup sehat. Kemudian semangatnya sesuai warna seragam senam tera, merah putih.

"Kegiatan ini juga menggerakkan ekonomi masyarakat. Hotel di Kota Blitar penuh untuk menginap para peserta. Bahkan sebagian harus menginap di Tulungagung dan Kediri," kata Samanhudi Anwar. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved